Kisi kisi berikut merupakan panduan khusus UM mulai Hari Senin, tanggal 06 April 2015 sampai Jum'at, 10 April 2015. Bagi siswa yang mau memperhatikan kisi-kisi berikut akan mendapatkan kemudahan dalam menjawab soal dikarenakan siswa bisa fokus terhadap materi yang akan di ujikan. Semoga Manfaat.
 
 
 
 
 
 
KEMENTERIAN AGAMA
- Pengertian Seni Rupa, Seni Murni, Seni Terapan, Seni Rupa Musrni Nusantara dan contohnya (1, 3, 4, 5, 6)
- Tujuan Belajar seni (2)
- Jenis-jenis cat untuk Hiasan Mushaf (7)
- Unsur seni rupa (8)
- Gaya seni rupa deformatif, tradisional, representatif, surrealis, romantis, naturalis, modern (9, 10, 11, 12, 13)
- Pembagian warna, primer, sekunder, tersier dan Campuran (14, 15, 16, 17, 18, 19)
- Ornamen Hiasan, nama dan contoh gambarnya (20, 21, 22)
- Alat dan Media untuk membuat hiasan Mushaf (23, 24, 25)
- Panitia Pameran dan pergelaran beserta tugas-tugasnya (26, 27, 29, 32, 33, 34, 40, 41, 42 )
- Rencana Kerja, Rencana Kegiatan, Program kerja, Jadwal dan Jurnal Panitia pameran ( 28, 30, 31, 47)
- Jenis pameran khusus, umum, tunggal dan kelompok (35)
- Organisasi dan Panitia, Pengertian, Syarat, Seputar panitia dan organisasi (36, 37, 38, 39, 43, 44, 45, 46, 48, 49)
- Syarat untuk menjadi seorang pemimpin (50)
KEMENTERIAN AGAMA
KISI-KISI SOAL UJIAN
BAHASA JAWA MADRASAH
TSANAWIYAH
TAHUN PELAJARAN
2014/2015
| 
No | 
Standar Kompetensi | 
Kompetensi Dasar | 
Ruang Lingkup 
Materi | 
Indikator | 
Nomor Soal | 
Bentuk Soal | 
| 
1 | 
Mendengarkan
  dan memahami berbagai wacana lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa | 
Menyimak
  tentang wangsalan | 
Wangsalan | 
Menerapkan
  wangsalan dalam kalimat | 
1 | 
PG | 
| 
Mneyimak
  unen-unen Jawa ( paribasan ) | 
Paribasan | 
Menerapkan
  paribasan dalam kalimat | 
2 | 
PG | ||
| 
Dasanama
   | 
Dasanama
   | 
Menerakan
  dasanama dalam kalimat | 
3 | 
PG | ||
| 
Menyimak
  tembung rangkep | 
Tembung
  rangkep | 
Menerapkan
  tembung rangkep dwipurwa | 
4 | 
PG | ||
| 
Menerapkan
  tembung rangkep dwilingga semu | 
5 | 
PG | ||||
| 
Ukara
   | 
Ukara
  elip,lamba, camboran | 
Menerapkan
  ukara elip | 
6 | 
PG | ||
| 
Menerapkan
  ukara lamba | 
7 | 
PG | ||||
| 
Menerapkan
  ukara camboran raketan jejer | 
8 | 
PG | ||||
| 
Mendengarkan
  tentang kabudayaan Jawa | 
Kabudayan
  Jawa | 
Mampu
  membedakan beksan gagrag lawas | 
9 | 
PG | ||
| 
Menyimak
  homonym dan homograf | 
Homonym
  dan homograf | 
Mampu
  membuat kalimat berhomonim dan homograf | 
10,11 | 
PG | ||
| 
Menyimak
  wara-wara | 
Wara
  - wara | 
Mampu
  menyampaikan isi wara-wara | 
12 | 
PG | ||
| 
2 | 
Mamu
  mengungkakan pikiran, pendapat, gagasan secara lisan melaluiberbicara dan
  berdialog dalam berbagai ragam bahasa Jawa dengan unggah-ungguh yang benar. | 
Berpidato/
  sesorah | 
Sesorah | 
Mampu
  menyebutkan ancas/tujuan sesorah | 
13 | 
PG | 
| 
Berbicara
  menggunakan unggah-ungguh basa yang baik dan benar | 
Unggah-ungguh
  basa ( basa ngoko alus dan basa krama ) | 
Mampu
  menerapkan basa ngoko alus | 
14 | 
PG | ||
|  |  | 
Mampu
  menerakan basa krama | 
15,16,17 | 
PG | ||
| 
Berbicara
  dengan cara wawancara | 
wawancara | 
Mampu
  mengetahui langkah-langkah dalam wawancara | 
18 | 
PG | ||
| 
Berdialog
  dengan berbagai lapisan masyarakat | 
Pacelathon/
  Dialog | 
Mampu
  berdialog dengan orang lain sesuia dengan unggah-ungguh yang  benar | 
19,20 | 
PG | ||
| 
3 | 
Membaca
  nyaring dengan intonasi, jeda/ tempo lafal dan irama yang benar | 
Membaca
  sebuah paragraf | 
Pacelathon/
  doalog | 
Mampu
  menemukan gagasan pokok dalam wacana  | 
21 | 
PG | 
| 
Menyebutkan
  jenis paragraph sebuah wacana  | 
22 | 
PG | ||||
| 
Membaca
  geguritan | 
geguritan | 
Mampu
  mengartikan tembung-tembung dalam geguritan | 
23,24 | 
PG | ||
| 
4 | 
Membaca
  dan memahami bacaan berhuruf  Jawa | 
Membaca
  aksara Jawa | 
Aksara
  Jawa | 
Mampu
  membaca aksara Jawa | 
25 | 
PG | 
| 
Aksara
  Rekan | 
Mampu
  membaca aksara rekan | 
26,27 | 
PG | |||
| 
Angka
  Jawa | 
Mampu
  menerapkan angka jawa | 
28,29 | 
PG | |||
| 
5 | 
Mengungkapkan
  pikiran, pendapat secara tertulis dalam berbagai ragam bahasa Jawa sesuai
  denagn unggah-ungguh bahasa Jawa yang benasr | 
Menulis
  layang | 
Layang | 
Mampu
  menyebutkan tuladha layang ulem | 
30 |  | 
| 
Mampu
  menyebutkan bagian layang | 
31 | 
PG | ||||
| 
Mampu
  membedakan jenis layang  | 
32,
  33 | 
PG | ||||
| 
Menulis
  ukara tanduk dan tanggap | 
Ukara
  tanduk dan tanggap | 
Mampu
  membedakan ukara tanduk dan tanggap | 
34,35,36 | 
PG | ||
| 
Menulis
  karangan | 
Karangan
   | 
Mampu
  mengetahui urutan karangan | 
37 | 
PG | ||
| 
Menulis
  pola ukara | 
Ngudal
  ukara ( J, W, L, K ) | 
Mampu
  menerapka pola ukara | 
38,39 | 
PG | ||
| 
Mengapresiasi
  susastra Jawa | 
Apresiasi
  Jawa | 
wayang | 
Mampu
  menyebutkan jenis wayang | 
40 | 
PG | |
|  | 
pandhawa | 
Mampu
  menyebutkan urutan pandhawa lima | 
41 | 
PG | ||
| 
Apresiasi
  Tembang | 
Tembang
  macapat | 
Mampu
  menyebutkan watak tembang asmaradana | 
42 | 
PG | ||
| 
Mampu
  mengetahu watak tembang asmaradana | 
43 | 
PG | ||||
| 
Cangkriman
   | 
Mampu
  mengartikan cangkriman  pepindhan | 
44 | 
PG | |||
| 
Mampu
  mengartikan cangkriman  wancahan | 
45 | 
PG | ||||
| 
Sengkalan
   | 
Mampu
  mengartikan sengkalan | 
46,47 | 
PG | |||
| 
Purwakanthi | 
Mampu
  menjelaskan purwakanthi guru basa/lumaksita | 
48 | 
PG | |||
| 
Panyandra
   | 
Mampu
  menyebutkan candrane solah bawa | 
49 | 
PG | |||
| 
Dasanama
   | 
Mampu
  menyebutkan dasanama | 
50 | 
PG | 
KEMENTERIAN AGAMA
  JENIS SEKOLAH         
: MADRASAH TSANAWIYAH                                 ALOKASI WAKTU              :
 120 menit         
  MATA PELAJARAN    :
IPA                                                                             JUMLAH SOAL                    
:   40
PG
| 
NO | 
KOMPETENSI | 
INDIKATOR | 
INDIKATOR
  SOAL | 
KLS/SMTR | 
NO
  SOAL | 
TINGKAT KESULITAN | 
| 
1 | 
Melakukan
  pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur 
yang sesuai dan
  sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari | 
 Menentukan besaran
  pokok, besaran turunan dan atau penggunaan alat ukur dalam kehidupan
  sehari-hari | 
Disajikan
  daftar besaran pokok dan atau besaran turunan dan
  satuan, siswa dapat menentukan pasangan besaran, dan satuan SI  | 
VII/1 | 
1 | 
Sedang | 
| 
2 | 
Menerapkan
  konsep zat dan kalor serta kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari. | 
Menentukan sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya
  atau penerapan dalam kehidupan sehari-hari | 
Disajikan pernyataan  tentang sifat-sifat zat, siswa dapat menentukan sifat fisik zat padat/
  cair / gas | 
VII/1 | 
2 | 
Sedang | 
|  |  | 
 Menentukan konversi suhu pada termometer. | 
Siswa dapat mengkonversikan suhu dari derajat Fahrenheit ke derajat
  Celcius | 
VII/1 | 
3 | 
Sedang | 
|  |  | 
Menentukan
  besaran kalor dalam proses perubahan suhu atau penerapan perubahan wujud zat
  dalam kehidupan sehari-hari. | 
Disajikan grafik (Q-t)perubahan wujud zat, siswa dapat
  menentukan jumlah kalor yang diperlukan pada proses tertentu | 
VII/1 | 
4 | 
Sulit | 
| 
3 | 
Mendeskripsikan
  dasar-dasar mekanika (gerak, gaya, usaha, dan energi) serta penerapan konsep 
tekanan dalam
  kehidupan sehari-hari. | 
 Menentukan jenis gerak lurus atau penerapan
  hukum Newton dalam kehidupan sehari-hari. | 
Disajikan beberapa contoh gerak, siswa dapat menentukan
  contoh jenis GLB/GLBB | 
VII/1 | 
5 | 
Mudah | 
|  |  | 
Menentukan
  besaran fisis pada usaha atau energi . | 
Disajikan
  gambar balok yang diletakkan di atas lantai licin ditarik dengan gaya dan
  diketahui perpindahannya, siswa dapat menentukan besarnya usaha dengan benar. | 
VIII/2 | 
6 | 
Sulit | 
|  |  | 
Menentukan
  penerapan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari. | 
Disajikan
  gambar tuas disertai besaran-besaran yang menyertainya, siswa dapat
  menghitung nilai besaran yang belum diketahui | 
VIII/2 | 
7 | 
Sedang | 
|  |  | 
Menentukan
  besaran fisis yang terkait dengan tekanan pada suatu zat. | 
Disajikan
  gambar pengangkat mobil disertai informasi tentang besaran gaya dan luas
  penampang, siswa dapat menentukan besaran gaya yang belum diketahui | 
VIII/2 | 
8 | 
Sedang | 
| 
4 | 
Memahami
  konsep-konsep dan penerapan, getaran, gelombang, bunyi, dan optik dalam
  produk teknologi sehari-hari. | 
 Menentukan besaran fisis pada getaran atau
  gelombang. | 
Diberikan
  gambar gelombang disertai besaran jarak gelombang dan frekuensinya, siswa
  dapat menghitung besar cepat rambatnya | 
VIII/2 | 
9 | 
Sedang | 
|  |  | 
 Menjelaskan
  sifat bunyi atau penerapannya dalam kehidupan sehari-hari | 
Siswa dapat dapat menentukan rentang frekuensi bunyi (ultrasonik/audiosonik/ infrasonik) | 
VIII/2 | 
10 | 
Mudah | 
|  |  | 
Menentukan
  sifat cahaya, besaran-besaran yang berhubungan dengan cermin/lensa atau
  penerapan alat optik dalam kehidupan sehari-hari. | 
Siswa dapat menentukan perbesaran
  bayangan suatu benda didepan lensa cembung jika variabel yang lain
  diketahui
   | 
VIII/2 | 
11 | 
Sulit | 
| 
5 | 
Memahami konsep
  kelistrikan dan kemagnetan serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. | 
Menjelaskan
  gejala listrik statis dalam penerapan kehidupan sehari-hari | 
Disajikan
  data tentang perpindahan muatan listrik pada percobaan gejala listrik statis
  siswa dapat menentukan jenis muatan suatu benda dan arah perpindahan muatan
  nya | 
IX/1 | 
12 | 
Sedang | 
|  |  | 
 Menentukan besaran-besaran listrik dinamis
  dalam suatu rangkaian (seri paralel,
  Hukum Ohm atau Hukum Kirchhoff) serta penerapannya dalam kehidupan
  sehari-hari. | 
Disajikan gambar rangkaian penghambat bercabang atau
  gabungan, yang
  hambatan dan beda potensialnya diketahui, siswa dapat
  menentukan kuat arus pada rangkaian | 
IX/1 | 
13 | 
Sedang | 
|  |  | 
Menentukan
  besaran fisis energy atau daya listrik dalam
  kehidupan sehari-hari. | 
Siswa
  dapat menentukan besarnya energi listrik yang digunakan jika variabel yang
  lain diketahui | 
IX/1 | 
14 | 
Sedang | 
|  |  | 
 Menjelaskan cara pembuatan magnet dan
  kutub-kutub yang dihasilkan | 
Disajikan gambar pembuatan magnet dengan cara dialiri
  arus listrik(elektromagnet), sifat dapat menentukan kutub magnet
  yang dihasilkan | 
IX/2 | 
15 | 
Mudah | 
| 
8 |  | 
 Menjelaskan peristiwa induksi elektromagnetik
  atau penerapannya pada transformator | 
Disajikan tabel ciri-ciri transformator, Siswa
  dapat menentukan salah satu 
  jenis transformator (step up/step down)  | 
IX/2 | 
16 | 
Sedang | 
| 
6 | 
Memahami sistem
  tata surya dan proses yang terjadi didalamnya. | 
Menjelaskan
  ciri-ciri anggota tata surya atau peredaran bumi-bulan terhadap matahari | 
Disajikan beberapa pernyataan, siswa dapat menentukan akibat rotasi bumi | 
IX/2 | 
17 | 
Mudah | 
| 
7 | 
Mendeskripsikan
  konsep atom, ion dan molekul dihubungkan dengan 
produk kimia
  sehari-hari | 
Mendeskripsikan
  atom, ion, dan molekul serta hubungannya dengan produk kimia sehari-hari | 
Siswa dapat menentukan
  atom, ion dan molekul berdasarkan komposisi dari sebuah produk kimia tertentu  | 
VII/1 | 
18 | 
Sedang | 
| 
8 | 
Memahami
  klasifikasi zat serta perubahannya | 
Mendeskripsikan
  larutan asam, basa, atau garam | 
Disajikan
  data, siswa dapat menentukan asam,
  basa dan garam berdasarkan
  data tersebut | 
VII/1 | 
19 | 
Mudah | 
|  |  | 
Mendeskripsikan
  unsur, senyawa dan campuran termasuk rumus kimia | 
Disajikan tabel
  data, siswa dapat menentukan sifat dan ciri dari unsur/ senyawa/campuran | 
VII/1 | 
20 | 
Sedang | 
|  |  | 
mendeskripsikan
  sifat kimia atau fisika zat tertentu serta perubahannya | 
Disajikan
  data hasil percobaan,
  siswa dapat menentukan sifat serta perubahan
  yang terjadi. | 
VII/1 | 
21 | 
Mudah | 
| 
9 | 
Mendeskripsikan
  pemakaian bahan kimia tertentu dalam kehidupan sehari-hari. | 
Mendeskripsikan
  bahan kimia tertentu yang terdapat dalam beberapa produk kimia. | 
Disajikan
  data komposisi pada jenis makanan tertentu,
  siswa dapat menunjukkan
  yang termasuk pengawet/
  pemanis/pewarna/pengemulsi/penyedap | 
VIII/1 | 
22 | 
Sedang | 
|  |  | 
Mendeskripsikan
  bahan kimia adiktif dan obat psikotropika serta cara menghindarinya | 
Siswa dapat menjelaskan
  efek yang ditimbulkan/cara mencegah dari  zat
  aditif/psikotropika tertentu | 
VIII/1 | 
23 | 
Sedang | 
| 
10 | 
Mendeskripsikan
  ciri-ciri dan keanekaragaman makhluk hidup, serta pentingnya pelestarian
  makhluk hidup dalam kehidupan. | 
Mengidentifikasi
  ciri-ciri makhluk hidup | 
Disajikan gambar/kegiatan makhluk hidup,
  siswa mengidentifikasi salah satu ciri makhluk hidup
  tertentu | 
VII/2 | 
24 | 
Mudah | 
|  |  | 
Mengelompokkan
  makhluk hidup berdasarkan ciricirinya. | 
Disajikan
  data, siswa dapat mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan ciri-cirinya | 
VII/2 | 
25 | 
Sedang | 
| 
11 | 
Mendeskripsikan
  komponen ekosistem, interaksi antarmakhluk hidup dalam lingkungan, serta
  peran manusia dalam pengelolaan lingkungan | 
 Menjelaskan interaksi antar makhluk hidup
  dalam ekosistem. | 
Disajikan
  jaring-jaring makanan siswa dapat menjelaskan pengaruh
  bagi salah satu komponen jika salah satu komponennya mengalami perubahan | 
VII/2 | 
26 | 
Sedang | 
|  |  | 
Menjelaskan
  usaha manusia untuk mengatasi pencemaran/kerusakan lingkungan | 
Disajikan kasus/gambar pencemaran/kerusakan lingkungan,
  siswa dapat menjelaskan usaha-usaha mengatasinya | 
VII/2 | 
27 | 
Mudah | 
|  |  | 
Menjelaskan
  hubungan antara kepadatan populasi manusia dengan kualitas lingkungan
  berdasarkan hasil pengamatan/kasus | 
siswa dapat menjelaskan pengaruh pertambahan kepadatan populasi penduduk terhadap kualitas lingkungan | 
VII/2 | 
28 | 
Mudah | 
| 
12 | 
Menjelaskan
  sistem organ pada manusia | 
Menjelaskan sistem
  gerak pada manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya | 
Disajikan gambar
  struktur tulang/otot, siswa dapat menentukan
  nama/fungsi bagian-bagian tulang/otot tertentu | 
VIII/1 | 
29 | 
Sedang | 
|  |  | 
 Menjelaskan sistem pencernaan manusia dan
  enzim-enzim yang berperan pada proses pencernaan | 
Siswa
  dapat menentukan hubungan yang tepat antara nama-nama enzim pencernaan dengan
  fungsinya yang disajikan dengan tabel | 
VIII/1 | 
30 | 
Sedang | 
|  |  | 
Menjelaskan
  sistem pernapasan pada manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya | 
Disajikan proses
  pernapasan tertentu siswa dapat menentukan alat/organ tempat terjadinya
  proses tersebut | 
VIII/1 | 
31 | 
Sedang | 
|  |  | 
 Menjelaskan sistem peredaran darah pada
  manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya | 
Siswa
  dapat mendeskripsikan gejala-gejala penyakit sistem peredaran darah tertentu | 
VIII/1 | 
32 | 
Sulit | 
|  |  | 
 Menjelaskan sistem ekskresi dan reproduksi
  pada manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya | 
Siswa dapat menjelaskan
  proses yang teradi pada bagian alat ekskresi tertentu (ginjal) | 
IX/1 | 
33 | 
Sedang | 
|  |  | 
Menjelaskan
  sistem saraf dan alat indera pada manusia | 
Disajikan gambar, siswa dapat menjelaskan
  fungsi salah satu
  bagian alat indra tertentu (mata/telinga) | 
IX/1 | 
34 | 
Sedang | 
| 
13 | 
Menjelaskan
  sistem organ dalam kehidupan tumbuhan | 
 Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan
  (organ) pada tumbuhan | 
Disajikan gambar anatomi akar/batang/daun,
  siswa dapat menentukan
  nama dan fungsi bagian organ tersebut | 
VIII/1 | 
35 | 
Sedang | 
|  |  | 
 Menjelaskan cara beradaptasi (respon)
  tumbuhan terhadap pengaruh lingkungan luar | 
Disajikan gambar/pernyataan mengenai cara beradaptasi tumbuhan terhadap lingkungan,
  siswa dapat menjelaskan respon
  yang terjadi | 
VIII/1 | 
36 | 
Mudah | 
|  |  | 
Menjelaskan
  proses fotosintesis melalui percobaan-percobaan
  tentang proses tersebut | 
Disajikan gambar percobaan fotosintesis, siswa dapat menyimpulkan
  hasil percobaan fotosintesis | 
VIII/1 | 
37 | 
Sedang | 
| 
14 | 
Mengaplikasikan
  konsep pertumbuhan dan perkembangan, kelangsungan hidup dan pewarisan sifat
  pada organisme serta kaitannya 
dengan
  lingkungan, teknologi dan masyarakat | 
 Memberi contoh adaptasi makhluk hidup dan
  seleksi alam dalam kelangsungan hidup makhluk hidup | 
Siswa
  dapat menjelaskan tujuan dari adaptasi yang dilakukan oleh makhluk hidup
  tertentu | 
IX/1 | 
38 | 
Sedang | 
|  |  | 
Menginterpretasi
  proses persilangan berdasarkan 
   hukum Mendel | 
Diberikan kasus persilangan dihibrida, siswa dapat menentukan  fenotif/genotif yang
  bersifat unggul  | 
IX/1 | 
39 | 
Sulit | 
|  |  | 
Menjelaskan
  pemanfaatan bioteknologi untuk 
   kehidupan manusia | 
Siswa dapat menentukan
  mikroba tertentu yang digunakan dalam bioteknologi konvensional di bidang
  pangan | 
IX/1 | 
40 | 
Sedang | 
 KEMENTERIAN AGAMA
KISI-KISI SOAL UJIAN TIK MADRASAH TSANAWIYAH
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
| 
NO | 
KOMPETENSI YANG DIAJUKAN | 
URAIAN MATERI | 
INDIKATOR |  | 
BENTUK SOAL | 
NO SOAL |  | 
| 
1. 
2. 
3. 
4. 
5. 
6. 
7. 
8. 
9. 
10. 
11. 
12. 
13. 
14. 
15. 
16. | 
Mengidentifikasi berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi 
Menjelaskan peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi 
Mengaktifkan komputer sesuai dengan prosedur 
Mematikan komputer sesuai dengan prosedur 
Melakukan operasi dasar pada operating system dengan sistematis  
Mengidentifikasi berbagai komponen perangkat keras komputer  
Mengidentifikasi berbagai perangkat lunak program aplikasi  
Mengidentifikasi menu dan ikon pada perangkat lunak pengolah data 
Mengidentifikasi menu dan ikon pada perangkat lunak pengolah angka  
Menjelaskan pengertian internet/intranet 
Mendeskripsikan dasar-dasar jaringan diinternet/intranet 
Mengenal ukuran kecepatan akses 
Mengidentifikasi perangkat keras yang digunakan dalam akses internet 
Melakukan berbagai cara untuk memperoleh sambungan internet/intranet 
Mendemonstrasikan akses internet sesuai dengan prosedur  
Mengidentifikasi beberapa layanan informasi yang ada di internet | 
Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi 
Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi 
Mengaktifkan komputer 
Mematikan komputer 
System operasi 
Perangkat keras (hardware) 
-Alat input 
-Alat Proses 
-Alat Output 
Perangkat lunak aplikasi 
Mengidentifikasi menu bar dan toolbars pada perangkat lunak pengolah kata 
Menjelaskan fungsi ikon pada toolbars formatting 
Cara menggunakan menu bar 
Mengidentifikasi menu bar dan toolbars pada perangkat lunak pengolah
  angka 
Menjelaskan fungsi masing-masing menu pada menu bar 
Menjelaskan fungsi ikon pada toolbars formatting 
Cara menggunakan menu bar 
Sejarah internet 
Pengertian internet/intranet 
Dasar-dasar sistem jaringan internet/intranet 
Ukuran kecepatan akses internet 
Perangkat keras internet/intranet 
Fasilitas ISP (Internet Service Provider) 
Perangkat lunak yang digunakan untuk mengakses internet  
Layanan informasi yang ada di internet | 
-         
  Siswa dapat menjelaskan
  kegunaan komputer 
-         
  Siswa dapat menyebutkan peranan
  TIK dibidang pendidikan  
-         
  Siswa dapat menyebutkan
  langkah-langkah menghidupkan komputer sesuai dengan prosedur yang benar 
-         
  Siswa dapat mengetahui fungsi
  shutdown dalam windows 
-         
  Siswa dapat mengetahui nama
  tampilan gambar background pada layar sistem operasi windows 
-         
  Siswa dapat menyebutkan beberapa
  alat input pada komputer 
-         
  Siswa dapat menjelaskan fungsi
  dari CPU 
-         
  Siswa dapat menjelaskan fungsi
  dari monitor  
-         
  Siswa dapat menyebutkan salah
  satu program pengolah kata  
-         
  Siswa dapat menyebutkan salah
  satu program pengolah angka  
-         
  Siswa dapat menyebutkan beberapa
  tab menu pada microsoft word 2007 
-         
  Siswa dapat mengetahui tampilan
  dari quick akses toolbar pada microsoft word 2007 
-         
  Siswa dapat menunjukkan bentuk
  dari icon print  
-         
  Dengan gambar siswa dapat
  menjelaskan fungsi dari ikon Line Spacing 
-         
  Siswa dapat menyebutkan
  langkah-langkah untuk mengubah huruf suatu teks menjadi kecil semua 
-         
  Siswa dapat memilih gambar ikon
  dengan nama perintah Auto Sum 
-         
  Siswa dapat memilih gambar ikon
  untuk memberikan border 
-         
  Siswa dapat menjelaskan fungsi
  hide dan unhide pada format sheet 
-         
  Dengan gambar siswa dapat
  menjelaskan fungsi dari ikon merge and center 
-         
  Siswa dapat mengetahui perintah
  yang digunakan untuk melebarkan kolom 
-         
  Siswa dapat menyebutkan
  jaringan komputer yang di ciptakan oleh ARPA 
-         
  Siswa dapat mengetahui departemen
  pertahanan amerika serikat yang membangun jaringan komputer pertama kali 
-         
  Siswa dapat menjelaskan
  pengertian tentang internet 
-         
  Siswa dapat menyebutkan jenis
  protocol yang menyertai munculnya internet 
-         
  Siswa dapat menyebutkan jumlah
  jenis-jenis jaringan berdasarkan area geografis yang dijangkau  
-         
  Siswa dapat menyebutkan lingkup
  jaringan komputer tipe LAN  
-         
  Siswa dapat menjelaskan tugas
  dari perangkat jaringan komputer server 
-         
  Siswa dapat menyebutkan
  kepanjangan dari ISP 
-         
  Siswa dapat menjelaskan
  pengertian dari bandwidth 
-         
  Siswa dapat menghitung
  perbandingan antara satuan kecepatan satu dengan yang lainnya 
-         
  Siswa dapat menyebutkan
  perangkat keras yang menghubungkan server dengan client pada jaringan
  komputer 
-         
  Siswa dapat menyebutkan
  beberapa perangkat keras yang digunakan untuk mengakses internet 
-         
  Siswa dapat menyebutkan ISP
  yang ada di Indonesia  
-         
  Siswa dapat menjelaskan
  layanan-layanan yang perlu diperhatikan ketika memilih ISP 
-         
  Siswa dapat menyebutkan
  teknologi yang disediakan oleh Telkom yang mempermudah dalam berhubungan
  dengan internet 
-         
  Siswa dapat menyebutkan
  aplikasi-aplikasi browser 
-         
  Siswa dapat menyebutkan
  aplikasi email 
-         
  Siswa dapat menyebutkan bagian
  dari jendela yang digunakan untuk menampilkan setiap aktivitas kerja pada
  internet explorer 
-         
  Siswa dapat menyebutkan menu
  yang digunakan untuk membuka jendela internet explorer baru 
-         
  Siswa dapat menyebutkan ikon
  yang digunakan untuk mengulangi kembali proses penampilan situs web 
-         
  Siswa dapat menyebutkan nama
  domain yang menerangkan situs pendidikan  
-         
  Siswa dapat menyebutkan bagian
  dari alamat URL yang digunakan sebagai protokol 
-         
  Siswa dapat menyebutkan contoh
  situs mesin pencari 
-         
  Siswa dapat menyebutkan
  penulisan kata kunci dengan tipe file tertentu pada search engine 
-         
  Siswa dapat menyebutkan langkah
  untuk menyimpan gambar pada internet explorer 
-         
  Siswa dapat menyebutkan
  berbagai layanan pada internet 
-         
  Siswa dapat menyebutkan
  jenis-jenis email 
-         
  Siswa dapat menyebutkan
  fasilitas untuk menyertakan sebuah file/dokumen didalam mengirim email 
-         
  Siswa dapat menyebutkan fasilitas
  internet yang digunakan untuk forum diskusi melalui email 
-         
  Siswa dapat menyebutkan
  aplikasi yang digunakan untuk layanan chatting  | 
1 
1 
1 
1 
1 
1 
1 
1 
1 
1 
1 
1 
1 
1 
1 
1 
1 
1 
1 
1 
1 
1 
1 
1 
1 
1 
1 
1 
1 
1 
1 
1 
1 
1 
1 
1 
1 
1 
1 
1 
1 
1 
1 
1 
1 
1 
1 
1 
1 
1 | 
PGB 
PGB 
PGB 
PGB 
PGB 
PGB 
PGB 
PGB 
PGB 
PGB 
PGB 
PGB 
PGB 
PGB 
PGB 
PGB 
PGB 
PGB 
PGB 
PGB 
PGB 
PGB 
PGB 
PGB 
PGB 
PGB 
PGB 
PGB 
PGB 
PGB 
PGB 
PGB 
PGB 
PGB 
PGB 
PGB 
PGB 
PGB 
PGB 
PGB 
PGB 
PGB 
PGB 
PGB 
PGB 
PGB 
PGB 
PGB 
PGB 
PGB | 
1 
2 
3 
4 
5 
6 
7 
8 
9 
10 
11 
12 
13 
14 
15 
16 
17 
18 
19 
20 
21 
22 
23 
24 
25 
26 
27 
28 
29 
30 
31 
32 
33 
34 
35 
36 
37 
38 
39 
40 
41 
42 
43 
44 
45 
46 
47 
48 
49 
50 |  | 
 EMENTERIAN AGAMA
KISI-KISI SOAL UJIAN BAHASA INGGRIS MADRASAH TSANAWIYAH
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
| 
No | 
Standart Kompetensi Lulusan (SKL) | 
Materi | 
Indikator Soal | 
Bentuk Soal | 
Nomor Soal | 
| 
1 | 
Reading (Membaca) 
Memahami makna dalam
  wacana tertulis pendek baik teks fungsional maupun esai sederhana berbentuk
  deskriptif (descriptive, procedure maupun report) dan narative (narrative dan
  recount) dalam konteks kehidupan sehari – hari  | 
Caution | 
Siswa dapat
  menentukan informasi tersirat tentang setting dari sebuah teks berbentuk caution | 
PG | 
1 | 
| 
Greeting Card | 
Siswa dapat
  menentukan informasi rinci tersurat dari sebuah teks berbentuk greeting card 
Siswa dapat
  menentukan makna kata yang bergaris bawah dari teks tersebut di atas | 
PG 
PG | 
2 
3 | ||
| 
Recount | 
Siswa dapat menentukan
  tujuan komunikatif dari sebuah teks essay
  berbentuk recount 
Siswa dapat
  menentukan makna kata yang bergaris bawah dari sebuah teks essay tersebut di
  atas 
Siswa dapat
  menentukan informasi tersurat dari sebuah teks essay tersebut di atas 
Siswa dapat
  menentukan informasi rinci tersurat dari sebuah teks essay tersebut di atas | 
PG 
PG 
PG 
PG | 
4 
5 
6 
7 | ||
| 
Personal Letter | 
Siswa dapat
  menentukan gambaran umum dari sebuah teks berbentuk personal letter 
Siswa dapat
  menentukan informasi tersurat dari sebuah teks tersebut di atas 
Siswa dapat
  menentukan makna kata yang bergaris bawah dari sebuah teks tersebut di atas | 
PG 
PG 
PG | 
8 
9 
10 | ||
| 
Teks Procedure | 
Siswa dapat
  menentukan informasi tersurat dari sebuah teks monolog pendek berbentuk
  procedure 
Siswa dapat
  menentukan informasi rinci tersurat dari sebuah teks monolog pedek tersebut
  di atas 
Siswa dapat
  menentukan rujukan kata yang bergaris bawah dari teks tersebut di atas | 
PG 
PG 
PG | 
11 
12 
13 | ||
| 
Teks Descriptive | 
Siswa dapat
  menentukan informasi tersurat dari sebuah teks monolog berbentuk descriptive 
Siswa dapat
  menentukan informasi rinci tersurat dari sebuah teks monolog tersebut di atas 
Siswa dapat
  menentukan rujukan kata yang bergaris bawah dari
  sebuah teks monolog tersebut di atas 
Siswa dapat
  menentukan makna kata yang bergaris bawah dari sebuah teks monolog tersebut
  di atas | 
PG 
PG 
PG 
PG | 
14 
15 
16 
17 | ||
| 
Short Message | 
Siswa dapat
  menentukan informasi tersirat dari sebuah teks berbentuk short message 
Siswa dapat
  menentukan gambaran umum dari teks tersebut di atas | 
PG 
PG | 
18 
19 | ||
| 
Advertisement | 
Siswa dapat
  menentukan gambaran umum dari sebuah teks berbentuk advertisement 
Siswa dapat
  menentukan informasi tersirat dari sebuah teks tersebut di atas | 
PG 
PG | 
20 
21 | ||
| 
Teks Narrative | 
Siswa dapat
  menentukan tujuan komunikatif dari sebuah teks monolog berbentuk narrative 
Siswa dapat
  menentukan informasi tersirat dari sebuah teks monolog tersebut di atas 
Siswa dapat
  menentukan informasi tersurat dari sebuah teks
  monolog tersebut di atas 
Siswa dapat
  menentukan makna kata yang bergaris bawah dari sebuah teks monolog tersebut
  di atas 
Siswa dapat
  menentukan nilai moral dari sebuah teks monolog tersebut di atas | 
PG 
PG 
PG 
PG 
PG | 
22 
23 
24 
25 
26 | ||
| 
Announcement | 
Siswa dapat
  menentukan informasi tersurat dari sebuah teks berbentuk announcement 
Siswa dapat
  menentukan makna kata yang bergaris bawah dari sebuah teks
  tersebut di atas | 
PG 
PG | 
27 
28 | ||
| 
Teks Report | 
Siswa dapat
  menentukan tujuan komunikatif dari sebuah teks
  monolog berbentuk report 
Siswa dapat
  menentukan informasi tersurat dari sebuah teks monolog tersebut di atas 
Siswa dapat
  menentukan informasi rinci tersurat dari sebuah teks monolog tersebut di atas 
Siswa dapat
  menentukan makna kata yang bergaris bawah dari sebuah teks monolog tersebut
  di atas 
Siswa dapat
  menentukan rujukan kata yang bergaris bawah dari
  sebuah teks monolog tersebut di atas | 
PG 
PG 
PG 
PG 
PG | 
29 
30 
31 
32 
33 | ||
| 
Teks Procedure | 
Siswa dapat
  menentukan informasi tersurat dari sebuah teks monolog berbentuk procedure 
Siswa dapat
  menentukan informasi rinci tersurat dari sebuah teks monolog tersebut di atas 
Siswa dapat
  menentukan makna kata yang bergaris bawah dari sebuah teks
  monolog tersebut di atas | 
PG 
PG 
PG | 
34 
35 
36 | ||
| 
Invitation | 
Siswa dapat
  menentukan tujuan komunikatif dari sebuah teks berbentuk invitation tentang
  pesta 
Siswa dapat
  menentukan informasi tersurat dari sebuah teks tersebut di atas 
Siswa dapat
  menentukan informasi rinci tersurat dari sebuah teks tersebut di atas | 
PG 
PG 
PG | 
37 
38 
39 | ||
| 
Teks Recount | 
Siswa dapat
  menentukan tujuan komunikatif dari sebuah teks monolog berbentuk recount 
Siswa dapat
  menentukan informasi tersurat dari sebuah teks monolog tersebut di atas 
Siswa dapat
  menentukan pikiran utama dari sebuah teks monolog tersebut di atas 
Siswa dapat
  menentukan makna kata yang bergaris bawah dari sebuah teks monolog tersebut
  di atas | 
PG 
PG 
PG 
PG | 
40 
41 
42 
43 | ||
| 
2 | 
Writing (Menulis) 
Mengungkapkan makna secara tertulis teks fungsional pendek dan esai
  sederhana berbentuk deskriptif (descriptive, report maupun procedure) dan
  naratif (narrative dan recount) dalam konteks kehidupan sehari – hari  | 
Paragraph rumpang | 
Siswa
  dapat melengkapi berbentuk paragrap rumpang dengan kata yang tepat | 
PG | 
44 – 46   | 
| 
Menyusun kata acak | 
Siswa
  dapat menyusun kata-kata acak menjadi kalimat yang bermakna | 
PG | 
47 – 48  | ||
| 
Menyusun kalimat acak | 
Siswa
  dapat menyusun kalimat-kalimat acak menjadi paragraph teks report yang
  padu. 
Siswa
  dapat menyusun kalimat-kalimat acak menjadi paragraph teks recount yang padu | 
PG 
PG | 
49 
50  | 
 EMENTERIAN AGAMA
KISI-KISI SOAL UJIAN MATEMATIKA MADRASAH TSANAWIYAH
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
| 
No | 
Kompetensi yang diujikan | 
Materi | 
Indikator | 
Jumlah Soal | 
Nomor Soal | 
| 
1 | 
Menggunakan
  konsep operasi hitung dan sifat-sifat bilangan, perbandingan, bilangan
  berpangkat, aritmetika sosial, barisan bilangan, serta penggunaannya dalam
  pemecahan masalah. | 
·    Bilangan
  Bulat dan Bilangan Pecahan 
·    Perbandingan 
·    Bilangan
  Berpangkat dan Bentuk Akar 
·    Aritmetika
  Sosial 
·    Barisan
  Bilangan dan Deret | 
·    Menyelesaikan
  masalah yang berkaitan dengan operasi tambah, kurang, kali, atau bagi pada
  bilangan. 
·    Menyelesaikan
  masalah yang berkaitan dengan perbandingan 
·    Menyelesaikan
  masalah yang berkaitan dengan bilangan berpangkat 
·    Menyelesaikan
  masalah yang berkaitan dengan bentuk akar 
·    Menyelesaikan
  masalah yang berkaitan dengan perbankkan atau koperasi 
·    Menyelesaikan
  masalah yang berkaitan dengan barisan bilangan dan deret | 
2 
1 
1 
1 
1 
1 | 
1,2 
3 
4 
5 
6 
7 | 
| 
2 | 
Memahami
  operasi bentuk aljabar, konsep persamaan linear, persamaan garis, himpunan,
  relasi, fungsi, sistem persamaan linear, serta penggunaannya dalam pemecahan
  masalah. | 
·    Bentuk
  aljabar 
·    Persamaan
  Linear Satu Variabel 
·    Himpunan 
·    Fungsi
  (Pemetaan) 
·    Garis
  Lurus 
·    Sistem
  Persamaan Linear Dua Variabel | 
·    Perpangkatan
  suku dua 
·    Pemfaktoran
  bentuk aljabar 
·    Menyelesaikan
  masalah yang berkaitan dengan persamaan linear satu variabel 
·    Menyelesaikan
  masalah yang berkaitan dengan himpunan 
·    Menyelesaikan
  masalah yang berkaitan dengan fungsi 
·    Menentukan
  gradien suatu garis yang melalui dua titik 
·    Menentukan
  persamaan garis 
·    Menyelesaikan
  masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel | 
1 
1 
1 
2 
2 
1 
2 
2 | 
8 
9 
10 
11, 12 
13, 14 
15 
16, 17 
18, 19 | 
| 
3 | 
Memahami
  bangun datar, bangun ruang, sudut, serta menggunakannya dalam pemecahan
  masalah | 
·    Teorema
  Pythagoras 
·    Bangun
  Datar 
·    Garis
  dan Sudut 
·    Segitiga 
·    Lingkaran 
·    Kesebangunan 
·    Bangun
  Ruang | 
·    Menyelesaikan
  masalah menggunakan teorema pythagoras 
·    Menyelesaikan
  masalah yang berkaitan dengan luas bangun datar 
·    Menyelesaikan
  masalah yang berkaitan dengan keliling bangun datar 
·    Menyelesaikan
  masalah yang berkaitan dengan hubungan dua garis 
·    Menyelesaikan
  masalah yang berkaitan dengan sifat sudut yang terbentuk dari dua garis yang
  dipotong garis lain 
·    Menyelesaikan
  masalah yang berkaitan dengan besar dan jenis sudut 
·    Menyelesaikan
  masalah yang berkaitan dengan jeni-jenis segitiga 
·    Menyelesaikan
  masalah yang berkaitan dengan garis-garis istimewa pada segitiga 
·    Menyelesaikan
  masalah yang berkaitan dengan unsur-unsur/ bagian-bagian lingkaran 
·    Menyelesaikan
  masalah yang berkaitan dengan hubungan sudut pusat dan sudut keliling 
·    Menyelesaikan
  masalah yang berkaitan dengan hubungan dua lingkaran 
·    Menyelesaikan
  masalah yang berkaitan dengan kesebangunan  
·    Menyelesaikan
  masalah yang berkaitan dengan kongruensi 
·    Menentukan
  unsur-unsur pada bangun ruang 
·    Menyelesaikan
  masalah yang berkaitan dengan kerangka atau jaring-jaring bangun ruang 
·    Menyelesaikan
  masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang 
·    Menyelesaikan
  masalah yang berkaitan dengan luas permukaan bangun ruang | 
2 
1 
1 
1 
1 
1 
1 
1 
1 
1 
1 
1 
1 
1 
1 
1 
1 | 
20, 21 
22 
23 
24 
25 
26 
27 
28 
29 
30 
31 
32 
33 
34 
35 
36 
37 | 
| 
4 | 
Memahami
  konsep dalam statistika, serta menerapkannya dalam pemecahan masalah. | 
·    Statistika | 
·    Menentukan
  ukuran pemusatan atau menggunakannya dalam menyelesaikan masalah sehari-hari 
·    Menyelesaikan
  masalah yang berkaitan dengan penyajian atau penafsiran data | 
1 
1 | 
38 
39 | 
| 
5 | 
Memahami
  konsep peluang suatu kejadian serta menerapkannya dalam pemecahan masalah. | 
·    Peluang | 
·    Menyelesaikan
  masalah yang berkaitan dengan peluang suatu kejadian | 
1 | 
40 | 
 EMENTERIAN AGAMA
KISI-KISI SOAL UJIAN IPS MADRASAH TSANAWIYAH
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
| 
No | 
Kompetensi Dasar | 
Uraian Materi | 
Indikator | 
No        
  Soal | 
Bentuk Soal | ||||||||||||
| 
1 | 
1,1 | 
Mendiskripsikan
  keragaman ben- | 
- | 
Proses endogen
  dan eksogen  | 
- | 
Mendeskripsikan
  proses alam endogen yang  | 
1 | 
PGB | |||||||||
|  |  | 
tuk muka bumi,
  proses pembentu- | 
sebagai
  pembentuk muka bumi |  | 
 menyebabkan  
  terjadinya     bentuk muka bumi |  |  | ||||||||||
|  |  | 
- | 
- | 
Pelapukan
  erosi, dan faktor-faktor | 
- | 
Mengidentifikasi
  macam-macam erosi. | 
2 | 
PGB | |||||||||
|  |  | 
kehidupan | 
 penyebabnya, dampaknya |  |  |  |  | ||||||||||
|  |  |  |  |  |  |  |  |  | |||||||||
| 
2 | 
2,3 | 
Mendeskripsikan
  interaksi  | 
- | 
Interaksi
  sebagai proses sosial | 
- | 
Menyebutkan
  contoh prosesterjadinya interaksi sosial | 
3 | 
PGB | |||||||||
|  |  | 
sebagai proses
  sosial. |  | 
sosial. |  |  |  | ||||||||||
|  |  |  |  |  |  |  |  |  | |||||||||
| 
3 | 
5,2 | 
Mendiskripsikan
  perkembangan | 
- | 
Penyebaran Islam
  di Indonesia | 
- | 
Mengidentifikasi
  faktor pendukung penyebaran Islam cepat berkembang di Indonesia | 
4 | 
PGB | |||||||||
|  |  | 
masyarakat,
  kebudayaan dan pe- |  |  |  |  |  | ||||||||||
|  |  | 
merintahan pada
  masa Islam di  |  |  |  |  |  |  | |||||||||
|  |  | 
Indonesia serta
  peninggalannya |  |  |  |  |  |  | |||||||||
|  |  |  |  |  |  |  |  |  | |||||||||
| 
4 | 
6,2 | 
Mendeskripsikan
  kegiatan pokok | 
- | 
Sistem
  distribusi | 
- | 
Mengidentifikasi
  saluran dan sistem distribusi | 
5 | 
PGB | |||||||||
|  |  | 
ekonomi yang
  meliputi kegiatan |  |  |  |  |  |  | |||||||||
|  |  | 
konsumsi, produksi
  dan distribusi |  |  |  |  |  |  | |||||||||
|  |  | 
barang atau
  jasa. |  |  |  |  |  |  | |||||||||
| 
5 | 
1,1 | 
Mendiskripsikan
  kondisi fisik | 
- | 
Musim di
  Indonesia | 
- | 
Menjelaskan
  faktor penyebab terjadinya musim penghujan di Indonesia | 
6 | 
PGB | |||||||||
|  |  | 
wilayah dan
  penduduk. |  |  |  |  |  | ||||||||||
|  |  |  |  |  |  |  |  |  | |||||||||
|  | 
1,4 | 
Mendiskripsikan
  permasalahan | 
- | 
Kependudukan dan
  dampaknya | 
- | 
Mengidentifikasi
  permasalahan penduduk di  | 
7 | 
PGB | |||||||||
|  |  | 
penduduk dan
  dampaknya terha- |  | 
terhadap
  pembangunan |  | 
Indonesia. |  |  | |||||||||
|  |  | 
dap pembangunan |  |  |  |  |  | ||||||||||
| 
6 | 
2,1 | 
Menjelaskan
  proses perkemba- | 
- | 
Pengaruh
  kolonialisme dan  | 
- | 
Menjelaskan
  tugas Gubernur Herman Willem Daendels di di Indonesia | 
8 | 
PGB | |||||||||
|  |  | 
ngan
  kolonialisme dan imperialisme | 
imperialisme di
  Indonesia |  |  | ||||||||||||
|  |  | 
barat serta
  pengaruh yang ditim- | 
- | 
Pengaruh
  kolonialisme dan  | 
- | 
Menyebutkan
  tokoh Belanda yang mengusulkan siasat kekerasan dalam perang  Aceh | 
9 | 
KGB | |||||||||
|  |  | 
bulkannya di
  berbagai daerah |  | 
imperialisme di
  Indonesia |  |  |  | ||||||||||
|  |  |  |  |  |  |  |  |  | |||||||||
| 
7 | 
3,1 | 
Mengidentifikasi
  berbagai penya- | 
- | 
Macam-macam
  penyimpangan  | 
- | 
Mendeskripsikan
  macam-macam penyimpang- | 
10 | 
PBG | |||||||||
|  |  | 
kit sosial
  segala akibat penyim- |  | 
sosial. |  | 
an sosial
  menurut sifatnya. |  |  | |||||||||
|  |  | 
pangan sosial
  keluarga dan ma- |  |  |  |  |  |  | |||||||||
|  |  | 
syarakat |  |  |  |  |  |  | |||||||||
| 
8 | 
4,1 | 
Mendiskripsikan
  hubungan antara | 
- | 
Jenis-jenis
  kebutuhan | 
- | 
Mengidentifikasi
  jenis-jenis kebutuhan.  | 
11 | 
PGB | |||||||||
|  |  | 
kelangkaan
  sumber daya dengan  | 
- | 
Skala
  prioritas kebutuhan. | 
- | 
Menjelaskan
  tujuan penyusunan skala prioritas kebutuhan. | 
12 | 
PGB | |||||||||
|  |  | 
kebutuhan
  manusia yang tidak |  |  |  | ||||||||||||
|  |  | 
terbatas |  |  |  |  |  |  | |||||||||
| 
9 | 
5,1 | 
Menjelaskan
  proses persiapan  | 
- | 
Proses
  penyusunan dasar dan  | 
- | 
Mengidentifikasi
  peranan BPUPKI dalam  | 
13 | 
PGB | |||||||||
|  |  | 
kemerdekaan
  Indonesia. |  | 
konstitusi
  negara Indonesia. |  | 
proses
  penyusunan dasar dan konstitusi |  |  | |||||||||
| 
10 | 
6,1 | 
Mendeskripsikan bentuk-  | 
- | 
Faktor-faktor
  yangmendorong | 
- | 
Mengidentifikasi
  faktor-faktor yang  | 
14 | 
PGB | |||||||||
|  |  | 
bentuk hubungan
  sosial. |  | 
hubungan sosial. |  | 
mendorong
  hubungan sosial. |  |  | |||||||||
| 
11 | 
7,3 | 
Mendeskripsikan
  fungsi pajak  | 
- | 
Tarif
  pajak | 
- | 
Mengidentifikasi
  sistem penetapan tarif pajak | 
15 | 
PGB | |||||||||
|  |  | 
dalam
  perekonomian nasional. |  |  |  |  |  |  | |||||||||
|  |  |  |  |  |  |  |  |  | |||||||||
| 
10 | 
1,1 | 
Memahami
  ciri-ciri negara ber- | 
- | 
Negara
  berkembang dan negara  | 
- | 
Mengidentifikasi
  ciri-ciri negara maju dan  | 
16 | 
PGB | |||||||||
|  |  | 
kembang dan
  negara maju |  | 
maju |  | 
negara
  berkembang. |  |  | |||||||||
|  |  |  |  |  | 
- | 
Mengidentifikasi
  Persebaran negara maju. | 
17 | 
PGB | |||||||||
|  | 
1,2 | 
Mendiskripsikan
  Perang Dunia II  | 
- | 
Perang Dunia II
  dan pengaruhnya | 
- | 
Mengidentifikasi
  akibat Perang Dunia II. | 
18 | 
PGB | |||||||||
|  |  | 
serta
  pengaruhnya terhadap kea- |  |  | 
- | 
Menjelaskan
  latar belakang pendudukan  | 
19 | 
PGB | |||||||||
|  |  | 
daan sosial,
  ekonomi dan politik |  |  |  | 
Jepang
  di Indonesia. |  |  | |||||||||
|  |  | 
di Indonesia |  |  | 
- | 
Menyebutkan  pemimpin perlawanan rakyat  | 
20 | 
PGB | |||||||||
|  |  |  |  |  |  | 
terhadap
  pemerintah Jepang. |  |  | |||||||||
| 
11 | 
2,1 | 
Mengidentifikasi
  usaha perjuangan | 
- | 
Perjuangan
  mempertahankan  | 
- | 
Mendeskripsikan
  faktor penyebab konflik  | 
21 | 
PGB | |||||||||
|  |  | 
mempertahankan
  kemerdekaan |  | 
kemerdekaan. |  | 
Indonesia-Belanda
  pasca kemerdekaan |  |  | |||||||||
|  |  | 
Indonesia |  |  |  | 
Indonesia. |  |  | |||||||||
|  |  |  |  |  | 
- | 
Mendeskripsikan
  arti penting pembentukan | 
22 | 
PGB | |||||||||
|  |  |  |  |  |  | 
pemerintahan
  darurat RI di Bukittinggi. |  |  | |||||||||
|  |  |  |  |  | 
- | 
Menjelaskan
  sebab peristiwa Agresi Militer  | 
23 | 
PGB | |||||||||
|  |  |  |  |  |  | 
Belanda II |  |  | |||||||||
|  | 
2,2 | 
Mendeskripsikan
  peristiwa- | 
- | 
Proses
  kembalinya Republik  | 
- | 
Mengidentifikasi
  faktor-faktor yang  |  |  | |||||||||
|  |  | 
peristiwa politik
  dan ekonomi  |  | 
Indonesia
  sebagai negara |  | 
mendorong
  gerakan  ke bentuk NKRI. | 
24 | 
PGB | |||||||||
|  |  | 
Indonesia pasca
  pengakuan  |  | 
kesatuan. |  |  |  |  | |||||||||
|  |  | 
kedaulatan. | 
- | 
Dekrit
  Presiden 5 Juli 1959 | 
- | 
Mendeskripsikan
  tujuan dikeluarkannya | 
25 | 
PGB | |||||||||
|  |  |  |  |  |  | 
 Dekrit Presiden 5 Juli 1959. |  |  | |||||||||
| 
12 | 
3,1 | 
Mendiskripsikan
  perubahan | 
- | 
Perubahan sosial
  budaya | 
- | 
Menyebutkan  contoh perubahan kebudayaan. | 
26 | 
PGB | |||||||||
|  |  | 
sosial budaya
  pada masyarakat |  |  | 
- | 
Menyebutkan
  faktor-faktor yang mendorong | 
27 | 
PGB | |||||||||
|  |  |  |  |  |  | 
perubahan sosial
  budaya. |  | 
PGB | |||||||||
|  | 
3,2 | 
Menguraikan tipe
  perilaku masya | 
- | 
Tipe-tipe
  perilaku masyarakat | 
- | 
Mengidentifikasi
  contoh sikap  pelajar  | 
28 | 
PGB | |||||||||
|  |  | 
rakat dalam
  menyikapi perubahan |  |  |  | 
dalam menyikapi
  perubahan sosial budaya. |  |  | |||||||||
| 
13 | 
4,1 | 
Mendiskripsikan
  uang dan Lemba | 
- | 
Uang  | 
- | 
Menjelaskan
  pengertian barter | 
29 | 
PGB | |||||||||
|  |  | 
ga Keuangan |  |  | 
- | 
Menjelaskan
  fungsi uang. | 
30 | 
PGB | |||||||||
|  |  |  | 
- | 
Lembaga keuangan | 
- | 
Menyebutkan
  tugas Bank Indonesia. | 
31 | 
PGB | |||||||||
|  |  |  |  |  | 
- | 
Menjelaskan
  pengertian pegadaian | 
32 | 
PGB | |||||||||
|  |  |  |  |  |  |  |  |  | |||||||||
|  | 
4,2 | 
Mendeskripsikan
  perdagangan |  | 
Kerugian dan
  hambatan | 
- | 
Mengidentifikasi
  hambatan perdagangan | 
33 | 
PGB | |||||||||
|  |  | 
internasional
  dan dampaknya  |  | 
perdagangan
  internasional. |  | 
internasional. |  |  | |||||||||
|  |  | 
terhadap
  perekonomian Indonesia. |  |  | 
- | 
Menjelaskan
  tentang  kebijakan subsidi. | 
34 | 
PGB | |||||||||
| 
14 | 
5,1 | 
Menginterpretasi
  peta tentang | 
- | 
Peta bentuk dan
  pola muka bumi | 
- | 
Mendeskripsikan
  makna simbol-simbol pada     | 
35 | 
PGB | |||||||||
|  |  | 
bentuk dan pola
  muka bumi |  |  |  | 
peta. |  |  | |||||||||
|  |  |  |  |  | 
- | 
Mendeskripsikan
  bentuk-bentuk muka bumi  | 
36 | 
PGB | |||||||||
|  |  |  |  |  |  | 
 dasar laut |  |  | |||||||||
|  | 
5,2 | 
Mendiskripsikan
  keterkaitan unsur | 
- | 
Unsur Geografi
  dan penduduk | 
- | 
Mendeskripsikan
  letak geografis Asia Tenggara. | 
37 | 
PGB | |||||||||
|  |  | 
geografi dan
  penduduk di kawasan |  | 
Asia Tenggara | 
- | 
Mendeskripsikan
  sumber daya alam di kawasan |  |  | |||||||||
|  |  | 
Asia Tenggara |  |  |  | 
 Asia Tengggara. | 
38 | 
PGB | |||||||||
|  | 
5,3 | 
Mendiskripsikan
  pembagian per- | 
- | 
Benua dan
  Samudra | 
- | 
Menyebutkan
  letak astronomis  benua Asia | 
39 | 
PGB | |||||||||
|  |  | 
mukaan bumi di
  atas bumi dan |  |  | 
- | 
Mendeskripsikan
  karakteristik Samudera  |  |  | |||||||||
|  |  | 
samudra |  |  |  | 
Atlantik. | 
40 | 
PGB | |||||||||
| 
15 | 
6,1 | 
Mendiskripsikan
  perjuangan Bang | 
- | 
Perjuangan
  merebut Irian Barat | 
- | 
Menjelaskan
  perjuangan melalui jalur diplomasi. | 
41 | 
PGB | |||||||||
|  |  | 
sa Indonesia
  merebut Irian Barat |  |  | 
- | 
Menjelaskan 3
  tahap pembebasan Irian Barat |  |  | |||||||||
|  |  |  |  |  |  | 
yang
  dilaksanakan Komando Mandala. | 
42 | 
PGB | |||||||||
|  | 
6,2 | 
Mendiskripsikan
  peristiwa tragedi | 
- | 
Tragedi Nasional | 
- | 
Mendeskripsikan
  latar belakang munculnya  |  |  | |||||||||
|  |  | 
nasional,
  peristiwa madiun, PKI, |  |  |  | 
G 30 S/PKI. | 
43 | 
PGB | |||||||||
|  |  | 
DI/TII, G 30 S
  PKI dan konflik |  |  | 
- | 
Menjelaskan
  upaya pemberantasan |  |  | |||||||||
|  |  | 
internal lainnya |  |  |  | 
pemberontakan
  Permesta | 
44 | 
PGB | |||||||||
|  |  |  |  |  |  |  |  |  | |||||||||
| 
16 | 
7,1 | 
Menjelaskan
  berakhirnya masa | 
- | 
Lahirnya
  Reformasi | 
- | 
Menjelaskan
  program pembangunan pada  | 
45 | 
PGB | |||||||||
|  | 
Orde Baru dan
  lahirnya Reformasi |  |  |  | 
masa Orde Baru. |  |  | ||||||||||
|  |  |  |  |  | 
- | 
Menjelaskan
  pengertian gerakan reformasi. | 
46 | 
PGB | |||||||||
|  | 
7,2 | 
Menguraikan
  perkembangan | 
- | 
Konferensi Asia
  Afrika | 
- | 
Menganalisa
  dampak positif terselenggaranya |  |  | |||||||||
|  |  | 
lembaga
  internasional dan peran |  |  |  | 
Konferensi Asia
  Afrika | 
47 | 
PGB | |||||||||
|  |  | 
Indonesia dalam
  kerja sama. | 
- | 
Perserikatan
  Bangsa-Bangsa | 
- | 
Menjelaskan
  sebab keluarnya Indonesia dari PBB | 
48 | 
PGB | |||||||||
|  | 
7,3 | 
Menguraikan
  perilaku masyarakat | 
- | 
 Perilaku masyarakat dalam mengha | 
- | 
Menjelaskan
  dampak negatif modernisasi dan  | 
49 | 
PGB | |||||||||
|  |  | 
dalam menghadapi
  perubahan sosial |  | 
dapi perubahan
  sosial budaya di |  | 
globalisasi
  terhadap budaya Indonesia |  |  | |||||||||
|  |  | 
budaya di era
  global |  | 
 era global |  |  |  |  | |||||||||
|  | 
7,4 | 
Mendeskripsikan
  kerja sama antar | 
- | 
Kerja sama
  ekonomi antar negara | 
- | 
Menyebutkan badan
  kerja sama yang diikuti Indonesia. | 
50 | 
PGB | |||||||||
|  |  | 
negara di bidang
  ekonomi. |  |  |  |  |  |  | |||||||||
|  |  |  |  |  |  |  |  |  | |||||||||
