Kisi kisi berikut merupakan panduan khusus UM mulai Hari Senin, tanggal 06 April 2015 sampai Jum'at, 10 April 2015. Bagi siswa yang mau memperhatikan kisi-kisi berikut akan mendapatkan kemudahan dalam menjawab soal dikarenakan siswa bisa fokus terhadap materi yang akan di ujikan. Semoga Manfaat.
KEMENTERIAN AGAMA
KISI-KISI SOAL UJIAN SENI BUDAYA MADRASAH TSANAWIYAH
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
- Pengertian Seni Rupa, Seni Murni, Seni Terapan, Seni Rupa Musrni Nusantara dan contohnya (1, 3, 4, 5, 6)
- Tujuan Belajar seni (2)
- Jenis-jenis cat untuk Hiasan Mushaf (7)
- Unsur seni rupa (8)
- Gaya seni rupa deformatif, tradisional, representatif, surrealis, romantis, naturalis, modern (9, 10, 11, 12, 13)
- Pembagian warna, primer, sekunder, tersier dan Campuran (14, 15, 16, 17, 18, 19)
- Ornamen Hiasan, nama dan contoh gambarnya (20, 21, 22)
- Alat dan Media untuk membuat hiasan Mushaf (23, 24, 25)
- Panitia Pameran dan pergelaran beserta tugas-tugasnya (26, 27, 29, 32, 33, 34, 40, 41, 42 )
- Rencana Kerja, Rencana Kegiatan, Program kerja, Jadwal dan Jurnal Panitia pameran ( 28, 30, 31, 47)
- Jenis pameran khusus, umum, tunggal dan kelompok (35)
- Organisasi dan Panitia, Pengertian, Syarat, Seputar panitia dan organisasi (36, 37, 38, 39, 43, 44, 45, 46, 48, 49)
- Syarat untuk menjadi seorang pemimpin (50)
KEMENTERIAN AGAMA
KISI-KISI SOAL UJIAN
BAHASA JAWA MADRASAH
TSANAWIYAH
TAHUN PELAJARAN
2014/2015
No
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Ruang Lingkup
Materi
|
Indikator
|
Nomor Soal
|
Bentuk Soal
|
1
|
Mendengarkan
dan memahami berbagai wacana lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa
|
Menyimak
tentang wangsalan
|
Wangsalan
|
Menerapkan
wangsalan dalam kalimat
|
1
|
PG
|
Mneyimak
unen-unen Jawa ( paribasan )
|
Paribasan
|
Menerapkan
paribasan dalam kalimat
|
2
|
PG
|
||
Dasanama
|
Dasanama
|
Menerakan
dasanama dalam kalimat
|
3
|
PG
|
||
Menyimak
tembung rangkep
|
Tembung
rangkep
|
Menerapkan
tembung rangkep dwipurwa
|
4
|
PG
|
||
Menerapkan
tembung rangkep dwilingga semu
|
5
|
PG
|
||||
Ukara
|
Ukara
elip,lamba, camboran
|
Menerapkan
ukara elip
|
6
|
PG
|
||
Menerapkan
ukara lamba
|
7
|
PG
|
||||
Menerapkan
ukara camboran raketan jejer
|
8
|
PG
|
||||
Mendengarkan
tentang kabudayaan Jawa
|
Kabudayan
Jawa
|
Mampu
membedakan beksan gagrag lawas
|
9
|
PG
|
||
Menyimak
homonym dan homograf
|
Homonym
dan homograf
|
Mampu
membuat kalimat berhomonim dan homograf
|
10,11
|
PG
|
||
Menyimak
wara-wara
|
Wara
- wara
|
Mampu
menyampaikan isi wara-wara
|
12
|
PG
|
||
2
|
Mamu
mengungkakan pikiran, pendapat, gagasan secara lisan melaluiberbicara dan
berdialog dalam berbagai ragam bahasa Jawa dengan unggah-ungguh yang benar.
|
Berpidato/
sesorah
|
Sesorah
|
Mampu
menyebutkan ancas/tujuan sesorah
|
13
|
PG
|
Berbicara
menggunakan unggah-ungguh basa yang baik dan benar
|
Unggah-ungguh
basa ( basa ngoko alus dan basa krama )
|
Mampu
menerapkan basa ngoko alus
|
14
|
PG
|
||
|
|
Mampu
menerakan basa krama
|
15,16,17
|
PG
|
||
Berbicara
dengan cara wawancara
|
wawancara
|
Mampu
mengetahui langkah-langkah dalam wawancara
|
18
|
PG
|
||
Berdialog
dengan berbagai lapisan masyarakat
|
Pacelathon/
Dialog
|
Mampu
berdialog dengan orang lain sesuia dengan unggah-ungguh yang benar
|
19,20
|
PG
|
||
3
|
Membaca
nyaring dengan intonasi, jeda/ tempo lafal dan irama yang benar
|
Membaca
sebuah paragraf
|
Pacelathon/
doalog
|
Mampu
menemukan gagasan pokok dalam wacana
|
21
|
PG
|
Menyebutkan
jenis paragraph sebuah wacana
|
22
|
PG
|
||||
Membaca
geguritan
|
geguritan
|
Mampu
mengartikan tembung-tembung dalam geguritan
|
23,24
|
PG
|
||
4
|
Membaca
dan memahami bacaan berhuruf Jawa
|
Membaca
aksara Jawa
|
Aksara
Jawa
|
Mampu
membaca aksara Jawa
|
25
|
PG
|
Aksara
Rekan
|
Mampu
membaca aksara rekan
|
26,27
|
PG
|
|||
Angka
Jawa
|
Mampu
menerapkan angka jawa
|
28,29
|
PG
|
|||
5
|
Mengungkapkan
pikiran, pendapat secara tertulis dalam berbagai ragam bahasa Jawa sesuai
denagn unggah-ungguh bahasa Jawa yang benasr
|
Menulis
layang
|
Layang
|
Mampu
menyebutkan tuladha layang ulem
|
30
|
|
Mampu
menyebutkan bagian layang
|
31
|
PG
|
||||
Mampu
membedakan jenis layang
|
32,
33
|
PG
|
||||
Menulis
ukara tanduk dan tanggap
|
Ukara
tanduk dan tanggap
|
Mampu
membedakan ukara tanduk dan tanggap
|
34,35,36
|
PG
|
||
Menulis
karangan
|
Karangan
|
Mampu
mengetahui urutan karangan
|
37
|
PG
|
||
Menulis
pola ukara
|
Ngudal
ukara ( J, W, L, K )
|
Mampu
menerapka pola ukara
|
38,39
|
PG
|
||
Mengapresiasi
susastra Jawa
|
Apresiasi
Jawa
|
wayang
|
Mampu
menyebutkan jenis wayang
|
40
|
PG
|
|
|
pandhawa
|
Mampu
menyebutkan urutan pandhawa lima
|
41
|
PG
|
||
Apresiasi
Tembang
|
Tembang
macapat
|
Mampu
menyebutkan watak tembang asmaradana
|
42
|
PG
|
||
Mampu
mengetahu watak tembang asmaradana
|
43
|
PG
|
||||
Cangkriman
|
Mampu
mengartikan cangkriman pepindhan
|
44
|
PG
|
|||
Mampu
mengartikan cangkriman wancahan
|
45
|
PG
|
||||
Sengkalan
|
Mampu
mengartikan sengkalan
|
46,47
|
PG
|
|||
Purwakanthi
|
Mampu
menjelaskan purwakanthi guru basa/lumaksita
|
48
|
PG
|
|||
Panyandra
|
Mampu
menyebutkan candrane solah bawa
|
49
|
PG
|
|||
Dasanama
|
Mampu
menyebutkan dasanama
|
50
|
PG
|
KEMENTERIAN AGAMA
KISI-KISI SOAL UJIAN IPA (ILMU PENGETAHUAN ALAM) MADRASAH TSANAWIYAH
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
JENIS SEKOLAH
: MADRASAH TSANAWIYAH ALOKASI WAKTU :
120 menit
MATA PELAJARAN :
IPA JUMLAH SOAL
: 40
PG
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
INDIKATOR
SOAL
|
KLS/SMTR
|
NO
SOAL
|
TINGKAT KESULITAN
|
1
|
Melakukan
pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur
yang sesuai dan
sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari
|
Menentukan besaran
pokok, besaran turunan dan atau penggunaan alat ukur dalam kehidupan
sehari-hari
|
Disajikan
daftar besaran pokok dan atau besaran turunan dan
satuan, siswa dapat menentukan pasangan besaran, dan satuan SI
|
VII/1
|
1
|
Sedang
|
2
|
Menerapkan
konsep zat dan kalor serta kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
Menentukan sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya
atau penerapan dalam kehidupan sehari-hari
|
Disajikan pernyataan tentang sifat-sifat zat, siswa dapat menentukan sifat fisik zat padat/
cair / gas
|
VII/1
|
2
|
Sedang
|
|
|
Menentukan konversi suhu pada termometer.
|
Siswa dapat mengkonversikan suhu dari derajat Fahrenheit ke derajat
Celcius
|
VII/1
|
3
|
Sedang
|
|
|
Menentukan
besaran kalor dalam proses perubahan suhu atau penerapan perubahan wujud zat
dalam kehidupan sehari-hari.
|
Disajikan grafik (Q-t)perubahan wujud zat, siswa dapat
menentukan jumlah kalor yang diperlukan pada proses tertentu
|
VII/1
|
4
|
Sulit
|
3
|
Mendeskripsikan
dasar-dasar mekanika (gerak, gaya, usaha, dan energi) serta penerapan konsep
tekanan dalam
kehidupan sehari-hari.
|
Menentukan jenis gerak lurus atau penerapan
hukum Newton dalam kehidupan sehari-hari.
|
Disajikan beberapa contoh gerak, siswa dapat menentukan
contoh jenis GLB/GLBB
|
VII/1
|
5
|
Mudah
|
|
|
Menentukan
besaran fisis pada usaha atau energi .
|
Disajikan
gambar balok yang diletakkan di atas lantai licin ditarik dengan gaya dan
diketahui perpindahannya, siswa dapat menentukan besarnya usaha dengan benar.
|
VIII/2
|
6
|
Sulit
|
|
|
Menentukan
penerapan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
|
Disajikan
gambar tuas disertai besaran-besaran yang menyertainya, siswa dapat
menghitung nilai besaran yang belum diketahui
|
VIII/2
|
7
|
Sedang
|
|
|
Menentukan
besaran fisis yang terkait dengan tekanan pada suatu zat.
|
Disajikan
gambar pengangkat mobil disertai informasi tentang besaran gaya dan luas
penampang, siswa dapat menentukan besaran gaya yang belum diketahui
|
VIII/2
|
8
|
Sedang
|
4
|
Memahami
konsep-konsep dan penerapan, getaran, gelombang, bunyi, dan optik dalam
produk teknologi sehari-hari.
|
Menentukan besaran fisis pada getaran atau
gelombang.
|
Diberikan
gambar gelombang disertai besaran jarak gelombang dan frekuensinya, siswa
dapat menghitung besar cepat rambatnya
|
VIII/2
|
9
|
Sedang
|
|
|
Menjelaskan
sifat bunyi atau penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
Siswa dapat dapat menentukan rentang frekuensi bunyi (ultrasonik/audiosonik/ infrasonik)
|
VIII/2
|
10
|
Mudah
|
|
|
Menentukan
sifat cahaya, besaran-besaran yang berhubungan dengan cermin/lensa atau
penerapan alat optik dalam kehidupan sehari-hari.
|
Siswa dapat menentukan perbesaran
bayangan suatu benda didepan lensa cembung jika variabel yang lain
diketahui
|
VIII/2
|
11
|
Sulit
|
5
|
Memahami konsep
kelistrikan dan kemagnetan serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
Menjelaskan
gejala listrik statis dalam penerapan kehidupan sehari-hari
|
Disajikan
data tentang perpindahan muatan listrik pada percobaan gejala listrik statis
siswa dapat menentukan jenis muatan suatu benda dan arah perpindahan muatan
nya
|
IX/1
|
12
|
Sedang
|
|
|
Menentukan besaran-besaran listrik dinamis
dalam suatu rangkaian (seri paralel,
Hukum Ohm atau Hukum Kirchhoff) serta penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari.
|
Disajikan gambar rangkaian penghambat bercabang atau
gabungan, yang
hambatan dan beda potensialnya diketahui, siswa dapat
menentukan kuat arus pada rangkaian
|
IX/1
|
13
|
Sedang
|
|
|
Menentukan
besaran fisis energy atau daya listrik dalam
kehidupan sehari-hari.
|
Siswa
dapat menentukan besarnya energi listrik yang digunakan jika variabel yang
lain diketahui
|
IX/1
|
14
|
Sedang
|
|
|
Menjelaskan cara pembuatan magnet dan
kutub-kutub yang dihasilkan
|
Disajikan gambar pembuatan magnet dengan cara dialiri
arus listrik(elektromagnet), sifat dapat menentukan kutub magnet
yang dihasilkan
|
IX/2
|
15
|
Mudah
|
8
|
|
Menjelaskan peristiwa induksi elektromagnetik
atau penerapannya pada transformator
|
Disajikan tabel ciri-ciri transformator, Siswa
dapat menentukan salah satu
jenis transformator (step up/step down)
|
IX/2
|
16
|
Sedang
|
6
|
Memahami sistem
tata surya dan proses yang terjadi didalamnya.
|
Menjelaskan
ciri-ciri anggota tata surya atau peredaran bumi-bulan terhadap matahari
|
Disajikan beberapa pernyataan, siswa dapat menentukan akibat rotasi bumi
|
IX/2
|
17
|
Mudah
|
7
|
Mendeskripsikan
konsep atom, ion dan molekul dihubungkan dengan
produk kimia
sehari-hari
|
Mendeskripsikan
atom, ion, dan molekul serta hubungannya dengan produk kimia sehari-hari
|
Siswa dapat menentukan
atom, ion dan molekul berdasarkan komposisi dari sebuah produk kimia tertentu
|
VII/1
|
18
|
Sedang
|
8
|
Memahami
klasifikasi zat serta perubahannya
|
Mendeskripsikan
larutan asam, basa, atau garam
|
Disajikan
data, siswa dapat menentukan asam,
basa dan garam berdasarkan
data tersebut
|
VII/1
|
19
|
Mudah
|
|
|
Mendeskripsikan
unsur, senyawa dan campuran termasuk rumus kimia
|
Disajikan tabel
data, siswa dapat menentukan sifat dan ciri dari unsur/ senyawa/campuran
|
VII/1
|
20
|
Sedang
|
|
|
mendeskripsikan
sifat kimia atau fisika zat tertentu serta perubahannya
|
Disajikan
data hasil percobaan,
siswa dapat menentukan sifat serta perubahan
yang terjadi.
|
VII/1
|
21
|
Mudah
|
9
|
Mendeskripsikan
pemakaian bahan kimia tertentu dalam kehidupan sehari-hari.
|
Mendeskripsikan
bahan kimia tertentu yang terdapat dalam beberapa produk kimia.
|
Disajikan
data komposisi pada jenis makanan tertentu,
siswa dapat menunjukkan
yang termasuk pengawet/
pemanis/pewarna/pengemulsi/penyedap
|
VIII/1
|
22
|
Sedang
|
|
|
Mendeskripsikan
bahan kimia adiktif dan obat psikotropika serta cara menghindarinya
|
Siswa dapat menjelaskan
efek yang ditimbulkan/cara mencegah dari zat
aditif/psikotropika tertentu
|
VIII/1
|
23
|
Sedang
|
10
|
Mendeskripsikan
ciri-ciri dan keanekaragaman makhluk hidup, serta pentingnya pelestarian
makhluk hidup dalam kehidupan.
|
Mengidentifikasi
ciri-ciri makhluk hidup
|
Disajikan gambar/kegiatan makhluk hidup,
siswa mengidentifikasi salah satu ciri makhluk hidup
tertentu
|
VII/2
|
24
|
Mudah
|
|
|
Mengelompokkan
makhluk hidup berdasarkan ciricirinya.
|
Disajikan
data, siswa dapat mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan ciri-cirinya
|
VII/2
|
25
|
Sedang
|
11
|
Mendeskripsikan
komponen ekosistem, interaksi antarmakhluk hidup dalam lingkungan, serta
peran manusia dalam pengelolaan lingkungan
|
Menjelaskan interaksi antar makhluk hidup
dalam ekosistem.
|
Disajikan
jaring-jaring makanan siswa dapat menjelaskan pengaruh
bagi salah satu komponen jika salah satu komponennya mengalami perubahan
|
VII/2
|
26
|
Sedang
|
|
|
Menjelaskan
usaha manusia untuk mengatasi pencemaran/kerusakan lingkungan
|
Disajikan kasus/gambar pencemaran/kerusakan lingkungan,
siswa dapat menjelaskan usaha-usaha mengatasinya
|
VII/2
|
27
|
Mudah
|
|
|
Menjelaskan
hubungan antara kepadatan populasi manusia dengan kualitas lingkungan
berdasarkan hasil pengamatan/kasus
|
siswa dapat menjelaskan pengaruh pertambahan kepadatan populasi penduduk terhadap kualitas lingkungan
|
VII/2
|
28
|
Mudah
|
12
|
Menjelaskan
sistem organ pada manusia
|
Menjelaskan sistem
gerak pada manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya
|
Disajikan gambar
struktur tulang/otot, siswa dapat menentukan
nama/fungsi bagian-bagian tulang/otot tertentu
|
VIII/1
|
29
|
Sedang
|
|
|
Menjelaskan sistem pencernaan manusia dan
enzim-enzim yang berperan pada proses pencernaan
|
Siswa
dapat menentukan hubungan yang tepat antara nama-nama enzim pencernaan dengan
fungsinya yang disajikan dengan tabel
|
VIII/1
|
30
|
Sedang
|
|
|
Menjelaskan
sistem pernapasan pada manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya
|
Disajikan proses
pernapasan tertentu siswa dapat menentukan alat/organ tempat terjadinya
proses tersebut
|
VIII/1
|
31
|
Sedang
|
|
|
Menjelaskan sistem peredaran darah pada
manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya
|
Siswa
dapat mendeskripsikan gejala-gejala penyakit sistem peredaran darah tertentu
|
VIII/1
|
32
|
Sulit
|
|
|
Menjelaskan sistem ekskresi dan reproduksi
pada manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya
|
Siswa dapat menjelaskan
proses yang teradi pada bagian alat ekskresi tertentu (ginjal)
|
IX/1
|
33
|
Sedang
|
|
|
Menjelaskan
sistem saraf dan alat indera pada manusia
|
Disajikan gambar, siswa dapat menjelaskan
fungsi salah satu
bagian alat indra tertentu (mata/telinga)
|
IX/1
|
34
|
Sedang
|
13
|
Menjelaskan
sistem organ dalam kehidupan tumbuhan
|
Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan
(organ) pada tumbuhan
|
Disajikan gambar anatomi akar/batang/daun,
siswa dapat menentukan
nama dan fungsi bagian organ tersebut
|
VIII/1
|
35
|
Sedang
|
|
|
Menjelaskan cara beradaptasi (respon)
tumbuhan terhadap pengaruh lingkungan luar
|
Disajikan gambar/pernyataan mengenai cara beradaptasi tumbuhan terhadap lingkungan,
siswa dapat menjelaskan respon
yang terjadi
|
VIII/1
|
36
|
Mudah
|
|
|
Menjelaskan
proses fotosintesis melalui percobaan-percobaan
tentang proses tersebut
|
Disajikan gambar percobaan fotosintesis, siswa dapat menyimpulkan
hasil percobaan fotosintesis
|
VIII/1
|
37
|
Sedang
|
14
|
Mengaplikasikan
konsep pertumbuhan dan perkembangan, kelangsungan hidup dan pewarisan sifat
pada organisme serta kaitannya
dengan
lingkungan, teknologi dan masyarakat
|
Memberi contoh adaptasi makhluk hidup dan
seleksi alam dalam kelangsungan hidup makhluk hidup
|
Siswa
dapat menjelaskan tujuan dari adaptasi yang dilakukan oleh makhluk hidup
tertentu
|
IX/1
|
38
|
Sedang
|
|
|
Menginterpretasi
proses persilangan berdasarkan
hukum Mendel
|
Diberikan kasus persilangan dihibrida, siswa dapat menentukan fenotif/genotif yang
bersifat unggul
|
IX/1
|
39
|
Sulit
|
|
|
Menjelaskan
pemanfaatan bioteknologi untuk
kehidupan manusia
|
Siswa dapat menentukan
mikroba tertentu yang digunakan dalam bioteknologi konvensional di bidang
pangan
|
IX/1
|
40
|
Sedang
|
KEMENTERIAN AGAMA
KISI-KISI SOAL UJIAN TIK MADRASAH TSANAWIYAH
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
NO
|
KOMPETENSI YANG DIAJUKAN
|
URAIAN MATERI
|
INDIKATOR
|
|
BENTUK SOAL
|
NO SOAL
|
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
11.
12.
13.
14.
15.
16.
|
Mengidentifikasi berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi
Menjelaskan peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Mengaktifkan komputer sesuai dengan prosedur
Mematikan komputer sesuai dengan prosedur
Melakukan operasi dasar pada operating system dengan sistematis
Mengidentifikasi berbagai komponen perangkat keras komputer
Mengidentifikasi berbagai perangkat lunak program aplikasi
Mengidentifikasi menu dan ikon pada perangkat lunak pengolah data
Mengidentifikasi menu dan ikon pada perangkat lunak pengolah angka
Menjelaskan pengertian internet/intranet
Mendeskripsikan dasar-dasar jaringan diinternet/intranet
Mengenal ukuran kecepatan akses
Mengidentifikasi perangkat keras yang digunakan dalam akses internet
Melakukan berbagai cara untuk memperoleh sambungan internet/intranet
Mendemonstrasikan akses internet sesuai dengan prosedur
Mengidentifikasi beberapa layanan informasi yang ada di internet
|
Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Mengaktifkan komputer
Mematikan komputer
System operasi
Perangkat keras (hardware)
-Alat input
-Alat Proses
-Alat Output
Perangkat lunak aplikasi
Mengidentifikasi menu bar dan toolbars pada perangkat lunak pengolah kata
Menjelaskan fungsi ikon pada toolbars formatting
Cara menggunakan menu bar
Mengidentifikasi menu bar dan toolbars pada perangkat lunak pengolah
angka
Menjelaskan fungsi masing-masing menu pada menu bar
Menjelaskan fungsi ikon pada toolbars formatting
Cara menggunakan menu bar
Sejarah internet
Pengertian internet/intranet
Dasar-dasar sistem jaringan internet/intranet
Ukuran kecepatan akses internet
Perangkat keras internet/intranet
Fasilitas ISP (Internet Service Provider)
Perangkat lunak yang digunakan untuk mengakses internet
Layanan informasi yang ada di internet
|
-
Siswa dapat menjelaskan
kegunaan komputer
-
Siswa dapat menyebutkan peranan
TIK dibidang pendidikan
-
Siswa dapat menyebutkan
langkah-langkah menghidupkan komputer sesuai dengan prosedur yang benar
-
Siswa dapat mengetahui fungsi
shutdown dalam windows
-
Siswa dapat mengetahui nama
tampilan gambar background pada layar sistem operasi windows
-
Siswa dapat menyebutkan beberapa
alat input pada komputer
-
Siswa dapat menjelaskan fungsi
dari CPU
-
Siswa dapat menjelaskan fungsi
dari monitor
-
Siswa dapat menyebutkan salah
satu program pengolah kata
-
Siswa dapat menyebutkan salah
satu program pengolah angka
-
Siswa dapat menyebutkan beberapa
tab menu pada microsoft word 2007
-
Siswa dapat mengetahui tampilan
dari quick akses toolbar pada microsoft word 2007
-
Siswa dapat menunjukkan bentuk
dari icon print
-
Dengan gambar siswa dapat
menjelaskan fungsi dari ikon Line Spacing
-
Siswa dapat menyebutkan
langkah-langkah untuk mengubah huruf suatu teks menjadi kecil semua
-
Siswa dapat memilih gambar ikon
dengan nama perintah Auto Sum
-
Siswa dapat memilih gambar ikon
untuk memberikan border
-
Siswa dapat menjelaskan fungsi
hide dan unhide pada format sheet
-
Dengan gambar siswa dapat
menjelaskan fungsi dari ikon merge and center
-
Siswa dapat mengetahui perintah
yang digunakan untuk melebarkan kolom
-
Siswa dapat menyebutkan
jaringan komputer yang di ciptakan oleh ARPA
-
Siswa dapat mengetahui departemen
pertahanan amerika serikat yang membangun jaringan komputer pertama kali
-
Siswa dapat menjelaskan
pengertian tentang internet
-
Siswa dapat menyebutkan jenis
protocol yang menyertai munculnya internet
-
Siswa dapat menyebutkan jumlah
jenis-jenis jaringan berdasarkan area geografis yang dijangkau
-
Siswa dapat menyebutkan lingkup
jaringan komputer tipe LAN
-
Siswa dapat menjelaskan tugas
dari perangkat jaringan komputer server
-
Siswa dapat menyebutkan
kepanjangan dari ISP
-
Siswa dapat menjelaskan
pengertian dari bandwidth
-
Siswa dapat menghitung
perbandingan antara satuan kecepatan satu dengan yang lainnya
-
Siswa dapat menyebutkan
perangkat keras yang menghubungkan server dengan client pada jaringan
komputer
-
Siswa dapat menyebutkan
beberapa perangkat keras yang digunakan untuk mengakses internet
-
Siswa dapat menyebutkan ISP
yang ada di Indonesia
-
Siswa dapat menjelaskan
layanan-layanan yang perlu diperhatikan ketika memilih ISP
-
Siswa dapat menyebutkan
teknologi yang disediakan oleh Telkom yang mempermudah dalam berhubungan
dengan internet
-
Siswa dapat menyebutkan
aplikasi-aplikasi browser
-
Siswa dapat menyebutkan
aplikasi email
-
Siswa dapat menyebutkan bagian
dari jendela yang digunakan untuk menampilkan setiap aktivitas kerja pada
internet explorer
-
Siswa dapat menyebutkan menu
yang digunakan untuk membuka jendela internet explorer baru
-
Siswa dapat menyebutkan ikon
yang digunakan untuk mengulangi kembali proses penampilan situs web
-
Siswa dapat menyebutkan nama
domain yang menerangkan situs pendidikan
-
Siswa dapat menyebutkan bagian
dari alamat URL yang digunakan sebagai protokol
-
Siswa dapat menyebutkan contoh
situs mesin pencari
-
Siswa dapat menyebutkan
penulisan kata kunci dengan tipe file tertentu pada search engine
-
Siswa dapat menyebutkan langkah
untuk menyimpan gambar pada internet explorer
-
Siswa dapat menyebutkan
berbagai layanan pada internet
-
Siswa dapat menyebutkan
jenis-jenis email
-
Siswa dapat menyebutkan
fasilitas untuk menyertakan sebuah file/dokumen didalam mengirim email
-
Siswa dapat menyebutkan fasilitas
internet yang digunakan untuk forum diskusi melalui email
-
Siswa dapat menyebutkan
aplikasi yang digunakan untuk layanan chatting
|
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
|
PGB
PGB
PGB
PGB
PGB
PGB
PGB
PGB
PGB
PGB
PGB
PGB
PGB
PGB
PGB
PGB
PGB
PGB
PGB
PGB
PGB
PGB
PGB
PGB
PGB
PGB
PGB
PGB
PGB
PGB
PGB
PGB
PGB
PGB
PGB
PGB
PGB
PGB
PGB
PGB
PGB
PGB
PGB
PGB
PGB
PGB
PGB
PGB
PGB
PGB
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
37
38
39
40
41
42
43
44
45
46
47
48
49
50
|
|
EMENTERIAN AGAMA
KISI-KISI SOAL UJIAN BAHASA INGGRIS MADRASAH TSANAWIYAH
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
No
|
Standart Kompetensi Lulusan (SKL)
|
Materi
|
Indikator Soal
|
Bentuk Soal
|
Nomor Soal
|
1
|
Reading (Membaca)
Memahami makna dalam
wacana tertulis pendek baik teks fungsional maupun esai sederhana berbentuk
deskriptif (descriptive, procedure maupun report) dan narative (narrative dan
recount) dalam konteks kehidupan sehari – hari
|
Caution
|
Siswa dapat
menentukan informasi tersirat tentang setting dari sebuah teks berbentuk caution
|
PG
|
1
|
Greeting Card
|
Siswa dapat
menentukan informasi rinci tersurat dari sebuah teks berbentuk greeting card
Siswa dapat
menentukan makna kata yang bergaris bawah dari teks tersebut di atas
|
PG
PG
|
2
3
|
||
Recount
|
Siswa dapat menentukan
tujuan komunikatif dari sebuah teks essay
berbentuk recount
Siswa dapat
menentukan makna kata yang bergaris bawah dari sebuah teks essay tersebut di
atas
Siswa dapat
menentukan informasi tersurat dari sebuah teks essay tersebut di atas
Siswa dapat
menentukan informasi rinci tersurat dari sebuah teks essay tersebut di atas
|
PG
PG
PG
PG
|
4
5
6
7
|
||
Personal Letter
|
Siswa dapat
menentukan gambaran umum dari sebuah teks berbentuk personal letter
Siswa dapat
menentukan informasi tersurat dari sebuah teks tersebut di atas
Siswa dapat
menentukan makna kata yang bergaris bawah dari sebuah teks tersebut di atas
|
PG
PG
PG
|
8
9
10
|
||
Teks Procedure
|
Siswa dapat
menentukan informasi tersurat dari sebuah teks monolog pendek berbentuk
procedure
Siswa dapat
menentukan informasi rinci tersurat dari sebuah teks monolog pedek tersebut
di atas
Siswa dapat
menentukan rujukan kata yang bergaris bawah dari teks tersebut di atas
|
PG
PG
PG
|
11
12
13
|
||
Teks Descriptive
|
Siswa dapat
menentukan informasi tersurat dari sebuah teks monolog berbentuk descriptive
Siswa dapat
menentukan informasi rinci tersurat dari sebuah teks monolog tersebut di atas
Siswa dapat
menentukan rujukan kata yang bergaris bawah dari
sebuah teks monolog tersebut di atas
Siswa dapat
menentukan makna kata yang bergaris bawah dari sebuah teks monolog tersebut
di atas
|
PG
PG
PG
PG
|
14
15
16
17
|
||
Short Message
|
Siswa dapat
menentukan informasi tersirat dari sebuah teks berbentuk short message
Siswa dapat
menentukan gambaran umum dari teks tersebut di atas
|
PG
PG
|
18
19
|
||
Advertisement
|
Siswa dapat
menentukan gambaran umum dari sebuah teks berbentuk advertisement
Siswa dapat
menentukan informasi tersirat dari sebuah teks tersebut di atas
|
PG
PG
|
20
21
|
||
Teks Narrative
|
Siswa dapat
menentukan tujuan komunikatif dari sebuah teks monolog berbentuk narrative
Siswa dapat
menentukan informasi tersirat dari sebuah teks monolog tersebut di atas
Siswa dapat
menentukan informasi tersurat dari sebuah teks
monolog tersebut di atas
Siswa dapat
menentukan makna kata yang bergaris bawah dari sebuah teks monolog tersebut
di atas
Siswa dapat
menentukan nilai moral dari sebuah teks monolog tersebut di atas
|
PG
PG
PG
PG
PG
|
22
23
24
25
26
|
||
Announcement
|
Siswa dapat
menentukan informasi tersurat dari sebuah teks berbentuk announcement
Siswa dapat
menentukan makna kata yang bergaris bawah dari sebuah teks
tersebut di atas
|
PG
PG
|
27
28
|
||
Teks Report
|
Siswa dapat
menentukan tujuan komunikatif dari sebuah teks
monolog berbentuk report
Siswa dapat
menentukan informasi tersurat dari sebuah teks monolog tersebut di atas
Siswa dapat
menentukan informasi rinci tersurat dari sebuah teks monolog tersebut di atas
Siswa dapat
menentukan makna kata yang bergaris bawah dari sebuah teks monolog tersebut
di atas
Siswa dapat
menentukan rujukan kata yang bergaris bawah dari
sebuah teks monolog tersebut di atas
|
PG
PG
PG
PG
PG
|
29
30
31
32
33
|
||
Teks Procedure
|
Siswa dapat
menentukan informasi tersurat dari sebuah teks monolog berbentuk procedure
Siswa dapat
menentukan informasi rinci tersurat dari sebuah teks monolog tersebut di atas
Siswa dapat
menentukan makna kata yang bergaris bawah dari sebuah teks
monolog tersebut di atas
|
PG
PG
PG
|
34
35
36
|
||
Invitation
|
Siswa dapat
menentukan tujuan komunikatif dari sebuah teks berbentuk invitation tentang
pesta
Siswa dapat
menentukan informasi tersurat dari sebuah teks tersebut di atas
Siswa dapat
menentukan informasi rinci tersurat dari sebuah teks tersebut di atas
|
PG
PG
PG
|
37
38
39
|
||
Teks Recount
|
Siswa dapat
menentukan tujuan komunikatif dari sebuah teks monolog berbentuk recount
Siswa dapat
menentukan informasi tersurat dari sebuah teks monolog tersebut di atas
Siswa dapat
menentukan pikiran utama dari sebuah teks monolog tersebut di atas
Siswa dapat
menentukan makna kata yang bergaris bawah dari sebuah teks monolog tersebut
di atas
|
PG
PG
PG
PG
|
40
41
42
43
|
||
2
|
Writing (Menulis)
Mengungkapkan makna secara tertulis teks fungsional pendek dan esai
sederhana berbentuk deskriptif (descriptive, report maupun procedure) dan
naratif (narrative dan recount) dalam konteks kehidupan sehari – hari
|
Paragraph rumpang
|
Siswa
dapat melengkapi berbentuk paragrap rumpang dengan kata yang tepat
|
PG
|
44 – 46
|
Menyusun kata acak
|
Siswa
dapat menyusun kata-kata acak menjadi kalimat yang bermakna
|
PG
|
47 – 48
|
||
Menyusun kalimat acak
|
Siswa
dapat menyusun kalimat-kalimat acak menjadi paragraph teks report yang
padu.
Siswa
dapat menyusun kalimat-kalimat acak menjadi paragraph teks recount yang padu
|
PG
PG
|
49
50
|
EMENTERIAN AGAMA
KISI-KISI SOAL UJIAN MATEMATIKA MADRASAH TSANAWIYAH
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
No
|
Kompetensi yang diujikan
|
Materi
|
Indikator
|
Jumlah Soal
|
Nomor Soal
|
1
|
Menggunakan
konsep operasi hitung dan sifat-sifat bilangan, perbandingan, bilangan
berpangkat, aritmetika sosial, barisan bilangan, serta penggunaannya dalam
pemecahan masalah.
|
· Bilangan
Bulat dan Bilangan Pecahan
· Perbandingan
· Bilangan
Berpangkat dan Bentuk Akar
· Aritmetika
Sosial
· Barisan
Bilangan dan Deret
|
· Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan operasi tambah, kurang, kali, atau bagi pada
bilangan.
· Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan perbandingan
· Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan bilangan berpangkat
· Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan bentuk akar
· Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan perbankkan atau koperasi
· Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan barisan bilangan dan deret
|
2
1
1
1
1
1
|
1,2
3
4
5
6
7
|
2
|
Memahami
operasi bentuk aljabar, konsep persamaan linear, persamaan garis, himpunan,
relasi, fungsi, sistem persamaan linear, serta penggunaannya dalam pemecahan
masalah.
|
· Bentuk
aljabar
· Persamaan
Linear Satu Variabel
· Himpunan
· Fungsi
(Pemetaan)
· Garis
Lurus
· Sistem
Persamaan Linear Dua Variabel
|
· Perpangkatan
suku dua
· Pemfaktoran
bentuk aljabar
· Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan persamaan linear satu variabel
· Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan himpunan
· Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan fungsi
· Menentukan
gradien suatu garis yang melalui dua titik
· Menentukan
persamaan garis
· Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel
|
1
1
1
2
2
1
2
2
|
8
9
10
11, 12
13, 14
15
16, 17
18, 19
|
3
|
Memahami
bangun datar, bangun ruang, sudut, serta menggunakannya dalam pemecahan
masalah
|
· Teorema
Pythagoras
· Bangun
Datar
· Garis
dan Sudut
· Segitiga
· Lingkaran
· Kesebangunan
· Bangun
Ruang
|
· Menyelesaikan
masalah menggunakan teorema pythagoras
· Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan luas bangun datar
· Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan keliling bangun datar
· Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan hubungan dua garis
· Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan sifat sudut yang terbentuk dari dua garis yang
dipotong garis lain
· Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan besar dan jenis sudut
· Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan jeni-jenis segitiga
· Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan garis-garis istimewa pada segitiga
· Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan unsur-unsur/ bagian-bagian lingkaran
· Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan hubungan sudut pusat dan sudut keliling
· Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan hubungan dua lingkaran
· Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan kesebangunan
· Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan kongruensi
· Menentukan
unsur-unsur pada bangun ruang
· Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan kerangka atau jaring-jaring bangun ruang
· Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang
· Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan luas permukaan bangun ruang
|
2
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
|
20, 21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
37
|
4
|
Memahami
konsep dalam statistika, serta menerapkannya dalam pemecahan masalah.
|
· Statistika
|
· Menentukan
ukuran pemusatan atau menggunakannya dalam menyelesaikan masalah sehari-hari
· Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan penyajian atau penafsiran data
|
1
1
|
38
39
|
5
|
Memahami
konsep peluang suatu kejadian serta menerapkannya dalam pemecahan masalah.
|
· Peluang
|
· Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan peluang suatu kejadian
|
1
|
40
|
EMENTERIAN AGAMA
KISI-KISI SOAL UJIAN IPS MADRASAH TSANAWIYAH
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
No
|
Kompetensi Dasar
|
Uraian Materi
|
Indikator
|
No
Soal
|
Bentuk Soal
|
||||||||||||
1
|
1,1
|
Mendiskripsikan
keragaman ben-
|
-
|
Proses endogen
dan eksogen
|
-
|
Mendeskripsikan
proses alam endogen yang
|
1
|
PGB
|
|||||||||
|
|
tuk muka bumi,
proses pembentu-
|
sebagai
pembentuk muka bumi
|
|
menyebabkan
terjadinya bentuk muka bumi
|
|
|
||||||||||
|
|
-
|
-
|
Pelapukan
erosi, dan faktor-faktor
|
-
|
Mengidentifikasi
macam-macam erosi.
|
2
|
PGB
|
|||||||||
|
|
kehidupan
|
penyebabnya, dampaknya
|
|
|
|
|
||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||
2
|
2,3
|
Mendeskripsikan
interaksi
|
-
|
Interaksi
sebagai proses sosial
|
-
|
Menyebutkan
contoh prosesterjadinya interaksi sosial
|
3
|
PGB
|
|||||||||
|
|
sebagai proses
sosial.
|
|
sosial.
|
|
|
|
||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||
3
|
5,2
|
Mendiskripsikan
perkembangan
|
-
|
Penyebaran Islam
di Indonesia
|
-
|
Mengidentifikasi
faktor pendukung penyebaran Islam cepat berkembang di Indonesia
|
4
|
PGB
|
|||||||||
|
|
masyarakat,
kebudayaan dan pe-
|
|
|
|
|
|
||||||||||
|
|
merintahan pada
masa Islam di
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||
|
|
Indonesia serta
peninggalannya
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||
4
|
6,2
|
Mendeskripsikan
kegiatan pokok
|
-
|
Sistem
distribusi
|
-
|
Mengidentifikasi
saluran dan sistem distribusi
|
5
|
PGB
|
|||||||||
|
|
ekonomi yang
meliputi kegiatan
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||
|
|
konsumsi, produksi
dan distribusi
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||
|
|
barang atau
jasa.
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||
5
|
1,1
|
Mendiskripsikan
kondisi fisik
|
-
|
Musim di
Indonesia
|
-
|
Menjelaskan
faktor penyebab terjadinya musim penghujan di Indonesia
|
6
|
PGB
|
|||||||||
|
|
wilayah dan
penduduk.
|
|
|
|
|
|
||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||
|
1,4
|
Mendiskripsikan
permasalahan
|
-
|
Kependudukan dan
dampaknya
|
-
|
Mengidentifikasi
permasalahan penduduk di
|
7
|
PGB
|
|||||||||
|
|
penduduk dan
dampaknya terha-
|
|
terhadap
pembangunan
|
|
Indonesia.
|
|
|
|||||||||
|
|
dap pembangunan
|
|
|
|
|
|
||||||||||
6
|
2,1
|
Menjelaskan
proses perkemba-
|
-
|
Pengaruh
kolonialisme dan
|
-
|
Menjelaskan
tugas Gubernur Herman Willem Daendels di di Indonesia
|
8
|
PGB
|
|||||||||
|
|
ngan
kolonialisme dan imperialisme
|
imperialisme di
Indonesia
|
|
|
||||||||||||
|
|
barat serta
pengaruh yang ditim-
|
-
|
Pengaruh
kolonialisme dan
|
-
|
Menyebutkan
tokoh Belanda yang mengusulkan siasat kekerasan dalam perang Aceh
|
9
|
KGB
|
|||||||||
|
|
bulkannya di
berbagai daerah
|
|
imperialisme di
Indonesia
|
|
|
|
||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||
7
|
3,1
|
Mengidentifikasi
berbagai penya-
|
-
|
Macam-macam
penyimpangan
|
-
|
Mendeskripsikan
macam-macam penyimpang-
|
10
|
PBG
|
|||||||||
|
|
kit sosial
segala akibat penyim-
|
|
sosial.
|
|
an sosial
menurut sifatnya.
|
|
|
|||||||||
|
|
pangan sosial
keluarga dan ma-
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||
|
|
syarakat
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||
8
|
4,1
|
Mendiskripsikan
hubungan antara
|
-
|
Jenis-jenis
kebutuhan
|
-
|
Mengidentifikasi
jenis-jenis kebutuhan.
|
11
|
PGB
|
|||||||||
|
|
kelangkaan
sumber daya dengan
|
-
|
Skala
prioritas kebutuhan.
|
-
|
Menjelaskan
tujuan penyusunan skala prioritas kebutuhan.
|
12
|
PGB
|
|||||||||
|
|
kebutuhan
manusia yang tidak
|
|
|
|
||||||||||||
|
|
terbatas
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||
9
|
5,1
|
Menjelaskan
proses persiapan
|
-
|
Proses
penyusunan dasar dan
|
-
|
Mengidentifikasi
peranan BPUPKI dalam
|
13
|
PGB
|
|||||||||
|
|
kemerdekaan
Indonesia.
|
|
konstitusi
negara Indonesia.
|
|
proses
penyusunan dasar dan konstitusi
|
|
|
|||||||||
10
|
6,1
|
Mendeskripsikan bentuk-
|
-
|
Faktor-faktor
yangmendorong
|
-
|
Mengidentifikasi
faktor-faktor yang
|
14
|
PGB
|
|||||||||
|
|
bentuk hubungan
sosial.
|
|
hubungan sosial.
|
|
mendorong
hubungan sosial.
|
|
|
|||||||||
11
|
7,3
|
Mendeskripsikan
fungsi pajak
|
-
|
Tarif
pajak
|
-
|
Mengidentifikasi
sistem penetapan tarif pajak
|
15
|
PGB
|
|||||||||
|
|
dalam
perekonomian nasional.
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||
10
|
1,1
|
Memahami
ciri-ciri negara ber-
|
-
|
Negara
berkembang dan negara
|
-
|
Mengidentifikasi
ciri-ciri negara maju dan
|
16
|
PGB
|
|||||||||
|
|
kembang dan
negara maju
|
|
maju
|
|
negara
berkembang.
|
|
|
|||||||||
|
|
|
|
|
-
|
Mengidentifikasi
Persebaran negara maju.
|
17
|
PGB
|
|||||||||
|
1,2
|
Mendiskripsikan
Perang Dunia II
|
-
|
Perang Dunia II
dan pengaruhnya
|
-
|
Mengidentifikasi
akibat Perang Dunia II.
|
18
|
PGB
|
|||||||||
|
|
serta
pengaruhnya terhadap kea-
|
|
|
-
|
Menjelaskan
latar belakang pendudukan
|
19
|
PGB
|
|||||||||
|
|
daan sosial,
ekonomi dan politik
|
|
|
|
Jepang
di Indonesia.
|
|
|
|||||||||
|
|
di Indonesia
|
|
|
-
|
Menyebutkan pemimpin perlawanan rakyat
|
20
|
PGB
|
|||||||||
|
|
|
|
|
|
terhadap
pemerintah Jepang.
|
|
|
|||||||||
11
|
2,1
|
Mengidentifikasi
usaha perjuangan
|
-
|
Perjuangan
mempertahankan
|
-
|
Mendeskripsikan
faktor penyebab konflik
|
21
|
PGB
|
|||||||||
|
|
mempertahankan
kemerdekaan
|
|
kemerdekaan.
|
|
Indonesia-Belanda
pasca kemerdekaan
|
|
|
|||||||||
|
|
Indonesia
|
|
|
|
Indonesia.
|
|
|
|||||||||
|
|
|
|
|
-
|
Mendeskripsikan
arti penting pembentukan
|
22
|
PGB
|
|||||||||
|
|
|
|
|
|
pemerintahan
darurat RI di Bukittinggi.
|
|
|
|||||||||
|
|
|
|
|
-
|
Menjelaskan
sebab peristiwa Agresi Militer
|
23
|
PGB
|
|||||||||
|
|
|
|
|
|
Belanda II
|
|
|
|||||||||
|
2,2
|
Mendeskripsikan
peristiwa-
|
-
|
Proses
kembalinya Republik
|
-
|
Mengidentifikasi
faktor-faktor yang
|
|
|
|||||||||
|
|
peristiwa politik
dan ekonomi
|
|
Indonesia
sebagai negara
|
|
mendorong
gerakan ke bentuk NKRI.
|
24
|
PGB
|
|||||||||
|
|
Indonesia pasca
pengakuan
|
|
kesatuan.
|
|
|
|
|
|||||||||
|
|
kedaulatan.
|
-
|
Dekrit
Presiden 5 Juli 1959
|
-
|
Mendeskripsikan
tujuan dikeluarkannya
|
25
|
PGB
|
|||||||||
|
|
|
|
|
|
Dekrit Presiden 5 Juli 1959.
|
|
|
|||||||||
12
|
3,1
|
Mendiskripsikan
perubahan
|
-
|
Perubahan sosial
budaya
|
-
|
Menyebutkan contoh perubahan kebudayaan.
|
26
|
PGB
|
|||||||||
|
|
sosial budaya
pada masyarakat
|
|
|
-
|
Menyebutkan
faktor-faktor yang mendorong
|
27
|
PGB
|
|||||||||
|
|
|
|
|
|
perubahan sosial
budaya.
|
|
PGB
|
|||||||||
|
3,2
|
Menguraikan tipe
perilaku masya
|
-
|
Tipe-tipe
perilaku masyarakat
|
-
|
Mengidentifikasi
contoh sikap pelajar
|
28
|
PGB
|
|||||||||
|
|
rakat dalam
menyikapi perubahan
|
|
|
|
dalam menyikapi
perubahan sosial budaya.
|
|
|
|||||||||
13
|
4,1
|
Mendiskripsikan
uang dan Lemba
|
-
|
Uang
|
-
|
Menjelaskan
pengertian barter
|
29
|
PGB
|
|||||||||
|
|
ga Keuangan
|
|
|
-
|
Menjelaskan
fungsi uang.
|
30
|
PGB
|
|||||||||
|
|
|
-
|
Lembaga keuangan
|
-
|
Menyebutkan
tugas Bank Indonesia.
|
31
|
PGB
|
|||||||||
|
|
|
|
|
-
|
Menjelaskan
pengertian pegadaian
|
32
|
PGB
|
|||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||
|
4,2
|
Mendeskripsikan
perdagangan
|
|
Kerugian dan
hambatan
|
-
|
Mengidentifikasi
hambatan perdagangan
|
33
|
PGB
|
|||||||||
|
|
internasional
dan dampaknya
|
|
perdagangan
internasional.
|
|
internasional.
|
|
|
|||||||||
|
|
terhadap
perekonomian Indonesia.
|
|
|
-
|
Menjelaskan
tentang kebijakan subsidi.
|
34
|
PGB
|
|||||||||
14
|
5,1
|
Menginterpretasi
peta tentang
|
-
|
Peta bentuk dan
pola muka bumi
|
-
|
Mendeskripsikan
makna simbol-simbol pada
|
35
|
PGB
|
|||||||||
|
|
bentuk dan pola
muka bumi
|
|
|
|
peta.
|
|
|
|||||||||
|
|
|
|
|
-
|
Mendeskripsikan
bentuk-bentuk muka bumi
|
36
|
PGB
|
|||||||||
|
|
|
|
|
|
dasar laut
|
|
|
|||||||||
|
5,2
|
Mendiskripsikan
keterkaitan unsur
|
-
|
Unsur Geografi
dan penduduk
|
-
|
Mendeskripsikan
letak geografis Asia Tenggara.
|
37
|
PGB
|
|||||||||
|
|
geografi dan
penduduk di kawasan
|
|
Asia Tenggara
|
-
|
Mendeskripsikan
sumber daya alam di kawasan
|
|
|
|||||||||
|
|
Asia Tenggara
|
|
|
|
Asia Tengggara.
|
38
|
PGB
|
|||||||||
|
5,3
|
Mendiskripsikan
pembagian per-
|
-
|
Benua dan
Samudra
|
-
|
Menyebutkan
letak astronomis benua Asia
|
39
|
PGB
|
|||||||||
|
|
mukaan bumi di
atas bumi dan
|
|
|
-
|
Mendeskripsikan
karakteristik Samudera
|
|
|
|||||||||
|
|
samudra
|
|
|
|
Atlantik.
|
40
|
PGB
|
|||||||||
15
|
6,1
|
Mendiskripsikan
perjuangan Bang
|
-
|
Perjuangan
merebut Irian Barat
|
-
|
Menjelaskan
perjuangan melalui jalur diplomasi.
|
41
|
PGB
|
|||||||||
|
|
sa Indonesia
merebut Irian Barat
|
|
|
-
|
Menjelaskan 3
tahap pembebasan Irian Barat
|
|
|
|||||||||
|
|
|
|
|
|
yang
dilaksanakan Komando Mandala.
|
42
|
PGB
|
|||||||||
|
6,2
|
Mendiskripsikan
peristiwa tragedi
|
-
|
Tragedi Nasional
|
-
|
Mendeskripsikan
latar belakang munculnya
|
|
|
|||||||||
|
|
nasional,
peristiwa madiun, PKI,
|
|
|
|
G 30 S/PKI.
|
43
|
PGB
|
|||||||||
|
|
DI/TII, G 30 S
PKI dan konflik
|
|
|
-
|
Menjelaskan
upaya pemberantasan
|
|
|
|||||||||
|
|
internal lainnya
|
|
|
|
pemberontakan
Permesta
|
44
|
PGB
|
|||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||
16
|
7,1
|
Menjelaskan
berakhirnya masa
|
-
|
Lahirnya
Reformasi
|
-
|
Menjelaskan
program pembangunan pada
|
45
|
PGB
|
|||||||||
|
Orde Baru dan
lahirnya Reformasi
|
|
|
|
masa Orde Baru.
|
|
|
||||||||||
|
|
|
|
|
-
|
Menjelaskan
pengertian gerakan reformasi.
|
46
|
PGB
|
|||||||||
|
7,2
|
Menguraikan
perkembangan
|
-
|
Konferensi Asia
Afrika
|
-
|
Menganalisa
dampak positif terselenggaranya
|
|
|
|||||||||
|
|
lembaga
internasional dan peran
|
|
|
|
Konferensi Asia
Afrika
|
47
|
PGB
|
|||||||||
|
|
Indonesia dalam
kerja sama.
|
-
|
Perserikatan
Bangsa-Bangsa
|
-
|
Menjelaskan
sebab keluarnya Indonesia dari PBB
|
48
|
PGB
|
|||||||||
|
7,3
|
Menguraikan
perilaku masyarakat
|
-
|
Perilaku masyarakat dalam mengha
|
-
|
Menjelaskan
dampak negatif modernisasi dan
|
49
|
PGB
|
|||||||||
|
|
dalam menghadapi
perubahan sosial
|
|
dapi perubahan
sosial budaya di
|
|
globalisasi
terhadap budaya Indonesia
|
|
|
|||||||||
|
|
budaya di era
global
|
|
era global
|
|
|
|
|
|||||||||
|
7,4
|
Mendeskripsikan
kerja sama antar
|
-
|
Kerja sama
ekonomi antar negara
|
-
|
Menyebutkan badan
kerja sama yang diikuti Indonesia.
|
50
|
PGB
|
|||||||||
|
|
negara di bidang
ekonomi.
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||