Kisi-Kisi Ujian Madrasah Seni Budaya, Matematika, Bahasa Inggris, TIK, IPA, IPS, Bahasa Jawa

Posted by On 9:15 PM

Kisi kisi berikut merupakan panduan khusus UM mulai Hari Senin, tanggal 06 April 2015 sampai Jum'at, 10 April 2015. Bagi siswa yang mau memperhatikan kisi-kisi berikut akan mendapatkan kemudahan dalam menjawab soal dikarenakan siswa bisa fokus terhadap materi yang akan di ujikan. Semoga Manfaat.

KEMENTERIAN AGAMA
KISI-KISI SOAL UJIAN SENI BUDAYA MADRASAH TSANAWIYAH
TAHUN PELAJARAN 2014/2015

  1. Pengertian Seni Rupa, Seni Murni, Seni Terapan, Seni Rupa Musrni Nusantara dan contohnya (1, 3, 4, 5, 6)
  2. Tujuan Belajar seni (2)
  3. Jenis-jenis cat untuk Hiasan Mushaf (7)
  4. Unsur seni rupa (8)
  5. Gaya seni rupa deformatif, tradisional, representatif, surrealis, romantis, naturalis, modern (9, 10, 11, 12, 13)
  6. Pembagian warna, primer, sekunder, tersier dan Campuran (14, 15, 16, 17, 18, 19)
  7. Ornamen Hiasan, nama dan contoh gambarnya (20, 21, 22)
  8. Alat dan Media untuk membuat hiasan Mushaf (23, 24, 25)
  9. Panitia Pameran dan pergelaran beserta tugas-tugasnya (26, 27, 29, 32, 33, 34, 40, 41, 42 )
  10. Rencana Kerja, Rencana Kegiatan, Program kerja, Jadwal dan Jurnal Panitia pameran ( 28, 30, 31, 47)
  11. Jenis pameran khusus, umum, tunggal dan kelompok (35)
  12. Organisasi dan Panitia, Pengertian, Syarat, Seputar panitia dan organisasi (36, 37, 38, 39, 43, 44, 45, 46, 48, 49)
  13. Syarat untuk menjadi seorang pemimpin (50)

KEMENTERIAN AGAMA
KISI-KISI SOAL UJIAN BAHASA JAWA MADRASAH TSANAWIYAH
TAHUN PELAJARAN 2014/2015

No
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Ruang Lingkup
Materi
Indikator
Nomor Soal
Bentuk Soal
1
Mendengarkan dan memahami berbagai wacana lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa
Menyimak tentang wangsalan
Wangsalan
Menerapkan wangsalan dalam kalimat
1
PG
Mneyimak unen-unen Jawa ( paribasan )
Paribasan
Menerapkan paribasan dalam kalimat
2
PG
Dasanama
Dasanama
Menerakan dasanama dalam kalimat
3
PG
Menyimak tembung rangkep
Tembung rangkep
Menerapkan tembung rangkep dwipurwa
4
PG
Menerapkan tembung rangkep dwilingga semu
5
PG
Ukara
Ukara elip,lamba, camboran
Menerapkan ukara elip
6
PG
Menerapkan ukara lamba
7
PG
Menerapkan ukara camboran raketan jejer
8
PG
Mendengarkan tentang kabudayaan Jawa
Kabudayan Jawa
Mampu membedakan beksan gagrag lawas
9
PG
Menyimak homonym dan homograf
Homonym dan homograf
Mampu membuat kalimat berhomonim dan homograf
10,11
PG
Menyimak wara-wara
Wara - wara
Mampu menyampaikan isi wara-wara
12
PG
2
Mamu mengungkakan pikiran, pendapat, gagasan secara lisan melaluiberbicara dan berdialog dalam berbagai ragam bahasa Jawa dengan unggah-ungguh yang benar.
Berpidato/ sesorah
Sesorah
Mampu menyebutkan ancas/tujuan sesorah
13
PG
Berbicara menggunakan unggah-ungguh basa yang baik dan benar
Unggah-ungguh basa ( basa ngoko alus dan basa krama )
Mampu menerapkan basa ngoko alus
14
PG


Mampu menerakan basa krama
15,16,17
PG
Berbicara dengan cara wawancara
wawancara
Mampu mengetahui langkah-langkah dalam wawancara
18
PG
Berdialog dengan berbagai lapisan masyarakat
Pacelathon/ Dialog
Mampu berdialog dengan orang lain sesuia dengan unggah-ungguh yang  benar
19,20
PG
3
Membaca nyaring dengan intonasi, jeda/ tempo lafal dan irama yang benar
Membaca sebuah paragraf
Pacelathon/ doalog
Mampu menemukan gagasan pokok dalam wacana
21
PG
Menyebutkan jenis paragraph sebuah wacana
22
PG
Membaca geguritan
geguritan
Mampu mengartikan tembung-tembung dalam geguritan
23,24
PG
4
Membaca dan memahami bacaan berhuruf  Jawa
Membaca aksara Jawa
Aksara Jawa
Mampu membaca aksara Jawa
25
PG
Aksara Rekan
Mampu membaca aksara rekan
26,27
PG
Angka Jawa
Mampu menerapkan angka jawa
28,29
PG
5
Mengungkapkan pikiran, pendapat secara tertulis dalam berbagai ragam bahasa Jawa sesuai denagn unggah-ungguh bahasa Jawa yang benasr
Menulis layang
Layang
Mampu menyebutkan tuladha layang ulem
30

Mampu menyebutkan bagian layang
31
PG
Mampu membedakan jenis layang
32, 33
PG
Menulis ukara tanduk dan tanggap
Ukara tanduk dan tanggap
Mampu membedakan ukara tanduk dan tanggap
34,35,36
PG
Menulis karangan
Karangan
Mampu mengetahui urutan karangan
37
PG
Menulis pola ukara
Ngudal ukara ( J, W, L, K )
Mampu menerapka pola ukara
38,39
PG
Mengapresiasi susastra Jawa
Apresiasi Jawa
wayang
Mampu menyebutkan jenis wayang
40
PG

pandhawa
Mampu menyebutkan urutan pandhawa lima
41
PG
Apresiasi Tembang
Tembang macapat
Mampu menyebutkan watak tembang asmaradana
42
PG
Mampu mengetahu watak tembang asmaradana
43
PG
Cangkriman
Mampu mengartikan cangkriman  pepindhan
44
PG
Mampu mengartikan cangkriman  wancahan
45
PG
Sengkalan
Mampu mengartikan sengkalan
46,47
PG
Purwakanthi
Mampu menjelaskan purwakanthi guru basa/lumaksita
48
PG
Panyandra
Mampu menyebutkan candrane solah bawa
49
PG
Dasanama
Mampu menyebutkan dasanama
50
PG


KEMENTERIAN AGAMA
KISI-KISI SOAL UJIAN IPA (ILMU PENGETAHUAN ALAM) MADRASAH TSANAWIYAH
TAHUN PELAJARAN 2014/2015


  JENIS SEKOLAH         : MADRASAH TSANAWIYAH                                 ALOKASI WAKTU              :  120 menit        
  MATA PELAJARAN    : IPA                                                                             JUMLAH SOAL                    :   40 PG

NO
KOMPETENSI
INDIKATOR
INDIKATOR SOAL
KLS/SMTR
NO SOAL
TINGKAT KESULITAN
1

Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur
yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari
 Menentukan besaran pokok, besaran turunan dan atau penggunaan alat ukur dalam kehidupan sehari-hari

Disajikan daftar besaran pokok dan atau besaran turunan dan satuan, siswa dapat menentukan pasangan besaran, dan satuan SI


VII/1

1
Sedang
2
Menerapkan konsep zat dan kalor serta kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari.

Menentukan sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya atau penerapan dalam kehidupan sehari-hari
Disajikan pernyataan  tentang sifat-sifat zat, siswa dapat menentukan sifat fisik zat padat/ cair / gas
VII/1


2
Sedang


 Menentukan konversi suhu pada termometer.

Siswa dapat mengkonversikan suhu dari derajat Fahrenheit ke derajat Celcius
VII/1

3
Sedang


Menentukan besaran kalor dalam proses perubahan suhu atau penerapan perubahan wujud zat dalam kehidupan sehari-hari.

Disajikan grafik (Q-t)perubahan wujud zat, siswa dapat menentukan jumlah kalor yang diperlukan pada proses tertentu
VII/1

4
Sulit
3
Mendeskripsikan dasar-dasar mekanika (gerak, gaya, usaha, dan energi) serta penerapan konsep
tekanan dalam kehidupan sehari-hari.

 Menentukan jenis gerak lurus atau penerapan hukum Newton dalam kehidupan sehari-hari.

Disajikan beberapa contoh gerak, siswa dapat menentukan contoh jenis GLB/GLBB
VII/1

5
Mudah


Menentukan besaran fisis pada usaha atau energi .

Disajikan gambar balok yang diletakkan di atas lantai licin ditarik dengan gaya dan diketahui perpindahannya, siswa dapat menentukan besarnya usaha dengan benar.

VIII/2

6
Sulit


Menentukan penerapan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
Disajikan gambar tuas disertai besaran-besaran yang menyertainya, siswa dapat menghitung nilai besaran yang belum diketahui
VIII/2

7
Sedang


Menentukan besaran fisis yang terkait dengan tekanan pada suatu zat.

Disajikan gambar pengangkat mobil disertai informasi tentang besaran gaya dan luas penampang, siswa dapat menentukan besaran gaya yang belum diketahui

VIII/2

8
Sedang
4
Memahami konsep-konsep dan penerapan, getaran, gelombang, bunyi, dan optik dalam produk teknologi sehari-hari.
 Menentukan besaran fisis pada getaran atau gelombang.

Diberikan gambar gelombang disertai besaran jarak gelombang dan frekuensinya, siswa dapat menghitung besar cepat rambatnya
VIII/2

9
Sedang


 Menjelaskan sifat bunyi atau penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Siswa dapat dapat menentukan rentang frekuensi bunyi (ultrasonik/audiosonik/ infrasonik)
VIII/2

10
Mudah


Menentukan sifat cahaya, besaran-besaran yang berhubungan dengan cermin/lensa atau penerapan alat optik dalam kehidupan sehari-hari.

Siswa dapat menentukan perbesaran bayangan suatu benda didepan lensa cembung jika variabel yang lain diketahui
VIII/2

11
Sulit
5
Memahami konsep kelistrikan dan kemagnetan serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Menjelaskan gejala listrik statis dalam penerapan kehidupan sehari-hari
Disajikan data tentang perpindahan muatan listrik pada percobaan gejala listrik statis siswa dapat menentukan jenis muatan suatu benda dan arah perpindahan muatan nya
IX/1

12
Sedang


 Menentukan besaran-besaran listrik dinamis dalam suatu rangkaian (seri paralel, Hukum Ohm atau Hukum Kirchhoff) serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Disajikan gambar rangkaian penghambat bercabang atau gabungan, yang hambatan dan beda potensialnya diketahui, siswa dapat menentukan kuat arus pada rangkaian
IX/1

13
Sedang


Menentukan besaran fisis energy atau daya listrik dalam kehidupan sehari-hari.

Siswa dapat menentukan besarnya energi listrik yang digunakan jika variabel yang lain diketahui

IX/1

14
Sedang


 Menjelaskan cara pembuatan magnet dan kutub-kutub yang dihasilkan

Disajikan gambar pembuatan magnet dengan cara dialiri arus listrik(elektromagnet), sifat dapat menentukan kutub magnet yang dihasilkan
IX/2
15
Mudah
8

 Menjelaskan peristiwa induksi elektromagnetik atau penerapannya pada transformator
Disajikan tabel ciri-ciri transformator, Siswa dapat menentukan salah satu  jenis transformator (step up/step down)
IX/2
16
Sedang
6
Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi didalamnya.

Menjelaskan ciri-ciri anggota tata surya atau peredaran bumi-bulan terhadap matahari
Disajikan beberapa pernyataan, siswa dapat menentukan akibat rotasi bumi
IX/2
17
Mudah
7
Mendeskripsikan konsep atom, ion dan molekul dihubungkan dengan
produk kimia sehari-hari
Mendeskripsikan atom, ion, dan molekul serta hubungannya dengan produk kimia sehari-hari
Siswa dapat menentukan atom, ion dan molekul berdasarkan komposisi dari sebuah produk kimia tertentu
VII/1
18
Sedang
8
Memahami klasifikasi zat serta perubahannya
Mendeskripsikan larutan asam, basa, atau garam
Disajikan data, siswa dapat menentukan asam, basa dan garam berdasarkan data tersebut
VII/1
19
Mudah


Mendeskripsikan unsur, senyawa dan campuran termasuk rumus kimia

Disajikan tabel data, siswa dapat menentukan sifat dan ciri dari unsur/ senyawa/campuran
VII/1
20
Sedang



mendeskripsikan sifat kimia atau fisika zat tertentu serta perubahannya
Disajikan data hasil percobaan, siswa dapat menentukan sifat serta perubahan yang terjadi.
VII/1
21
Mudah
9
Mendeskripsikan pemakaian bahan kimia tertentu dalam kehidupan sehari-hari.


Mendeskripsikan bahan kimia tertentu yang terdapat dalam beberapa produk kimia.

Disajikan data komposisi pada jenis makanan tertentu, siswa dapat menunjukkan yang termasuk pengawet/ pemanis/pewarna/pengemulsi/penyedap
VIII/1
22
Sedang


Mendeskripsikan bahan kimia adiktif dan obat psikotropika serta cara menghindarinya
Siswa dapat menjelaskan efek yang ditimbulkan/cara mencegah dari  zat aditif/psikotropika tertentu
VIII/1
23
Sedang
10
Mendeskripsikan ciri-ciri dan keanekaragaman makhluk hidup, serta pentingnya pelestarian makhluk hidup dalam kehidupan.


Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
Disajikan gambar/kegiatan makhluk hidup, siswa mengidentifikasi salah satu ciri makhluk hidup tertentu
VII/2
24
Mudah


Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan ciricirinya.

Disajikan data, siswa dapat mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan ciri-cirinya
VII/2
25
Sedang
11
Mendeskripsikan komponen ekosistem, interaksi antarmakhluk hidup dalam lingkungan, serta peran manusia dalam pengelolaan lingkungan
 Menjelaskan interaksi antar makhluk hidup dalam ekosistem.

Disajikan jaring-jaring makanan siswa dapat menjelaskan pengaruh bagi salah satu komponen jika salah satu komponennya mengalami perubahan
VII/2
26
Sedang



Menjelaskan usaha manusia untuk mengatasi pencemaran/kerusakan lingkungan

Disajikan kasus/gambar pencemaran/kerusakan lingkungan, siswa dapat menjelaskan usaha-usaha mengatasinya
VII/2
27
Mudah


Menjelaskan hubungan antara kepadatan populasi manusia dengan kualitas lingkungan berdasarkan hasil pengamatan/kasus
siswa dapat menjelaskan pengaruh pertambahan kepadatan populasi penduduk terhadap kualitas lingkungan
VII/2
28
Mudah
12
Menjelaskan sistem organ pada manusia
Menjelaskan sistem gerak pada manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya
Disajikan gambar struktur tulang/otot, siswa dapat menentukan nama/fungsi bagian-bagian tulang/otot tertentu
VIII/1
29
Sedang


 Menjelaskan sistem pencernaan manusia dan enzim-enzim yang berperan pada proses pencernaan
Siswa dapat menentukan hubungan yang tepat antara nama-nama enzim pencernaan dengan fungsinya yang disajikan dengan tabel
VIII/1
30
Sedang


Menjelaskan sistem pernapasan pada manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya
Disajikan proses pernapasan tertentu siswa dapat menentukan alat/organ tempat terjadinya proses tersebut
VIII/1
31
Sedang


 Menjelaskan sistem peredaran darah pada manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya
Siswa dapat mendeskripsikan gejala-gejala penyakit sistem peredaran darah tertentu
VIII/1
32
Sulit


 Menjelaskan sistem ekskresi dan reproduksi pada manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya
Siswa dapat menjelaskan proses yang teradi pada bagian alat ekskresi tertentu (ginjal)
IX/1
33
Sedang


Menjelaskan sistem saraf dan alat indera pada manusia
Disajikan gambar, siswa dapat menjelaskan fungsi salah satu bagian alat indra tertentu (mata/telinga)
IX/1
34
Sedang
13
Menjelaskan sistem organ dalam kehidupan tumbuhan
 Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan (organ) pada tumbuhan
Disajikan gambar anatomi akar/batang/daun, siswa dapat menentukan nama dan fungsi bagian organ tersebut
VIII/1
35
Sedang


 Menjelaskan cara beradaptasi (respon) tumbuhan terhadap pengaruh lingkungan luar
Disajikan gambar/pernyataan mengenai cara beradaptasi tumbuhan terhadap lingkungan, siswa dapat menjelaskan respon yang terjadi
VIII/1
36
Mudah


Menjelaskan proses fotosintesis melalui percobaan-percobaan tentang proses tersebut
Disajikan gambar percobaan fotosintesis, siswa dapat menyimpulkan hasil percobaan fotosintesis
VIII/1
37
Sedang
14
Mengaplikasikan konsep pertumbuhan dan perkembangan, kelangsungan hidup dan pewarisan sifat pada organisme serta kaitannya
dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat
 Memberi contoh adaptasi makhluk hidup dan seleksi alam dalam kelangsungan hidup makhluk hidup
Siswa dapat menjelaskan tujuan dari adaptasi yang dilakukan oleh makhluk hidup tertentu
IX/1
38
Sedang


Menginterpretasi proses persilangan berdasarkan
   hukum Mendel
Diberikan kasus persilangan dihibrida, siswa dapat menentukan  fenotif/genotif yang bersifat unggul
IX/1
39
Sulit


Menjelaskan pemanfaatan bioteknologi untuk
   kehidupan manusia
Siswa dapat menentukan mikroba tertentu yang digunakan dalam bioteknologi konvensional di bidang pangan
IX/1
40
Sedang




 KEMENTERIAN AGAMA
KISI-KISI SOAL UJIAN TIK MADRASAH TSANAWIYAH
TAHUN PELAJARAN 2014/2015


NO
KOMPETENSI YANG DIAJUKAN
URAIAN MATERI
INDIKATOR

BENTUK SOAL
NO SOAL

1.




2.



3.


4.


5.



6.






7.





8.














9.
















10.




11.


















12.



13.








14.











15.


















16.











Mengidentifikasi berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi


Menjelaskan peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Mengaktifkan komputer sesuai dengan prosedur

Mematikan komputer sesuai dengan prosedur

Melakukan operasi dasar pada operating system dengan sistematis

Mengidentifikasi berbagai komponen perangkat keras komputer




Mengidentifikasi berbagai perangkat lunak program aplikasi



Mengidentifikasi menu dan ikon pada perangkat lunak pengolah data












Mengidentifikasi menu dan ikon pada perangkat lunak pengolah angka














Menjelaskan pengertian internet/intranet



Mendeskripsikan dasar-dasar jaringan diinternet/intranet

















Mengenal ukuran kecepatan akses


Mengidentifikasi perangkat keras yang digunakan dalam akses internet






Melakukan berbagai cara untuk memperoleh sambungan internet/intranet









Mendemonstrasikan akses internet sesuai dengan prosedur
















Mengidentifikasi beberapa layanan informasi yang ada di internet




Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Mengaktifkan komputer

Mematikan komputer

System operasi


Perangkat keras (hardware)
-Alat input
-Alat Proses
-Alat Output

Perangkat lunak aplikasi



Mengidentifikasi menu bar dan toolbars pada perangkat lunak pengolah kata

Menjelaskan fungsi ikon pada toolbars formatting

Cara menggunakan menu bar


Mengidentifikasi menu bar dan toolbars pada perangkat lunak pengolah angka

Menjelaskan fungsi masing-masing menu pada menu bar

Menjelaskan fungsi ikon pada toolbars formatting

Cara menggunakan menu bar

Sejarah internet




Pengertian internet/intranet

Dasar-dasar sistem jaringan internet/intranet
















Ukuran kecepatan akses internet

Perangkat keras internet/intranet






Fasilitas ISP (Internet Service Provider)






Perangkat lunak yang digunakan untuk mengakses internet














Layanan informasi yang ada di internet

-          Siswa dapat menjelaskan kegunaan komputer



-          Siswa dapat menyebutkan peranan TIK dibidang pendidikan

-          Siswa dapat menyebutkan langkah-langkah menghidupkan komputer sesuai dengan prosedur yang benar
-          Siswa dapat mengetahui fungsi shutdown dalam windows

-          Siswa dapat mengetahui nama tampilan gambar background pada layar sistem operasi windows
-          Siswa dapat menyebutkan beberapa alat input pada komputer
-          Siswa dapat menjelaskan fungsi dari CPU
-          Siswa dapat menjelaskan fungsi dari monitor


-          Siswa dapat menyebutkan salah satu program pengolah kata
-          Siswa dapat menyebutkan salah satu program pengolah angka

-          Siswa dapat menyebutkan beberapa tab menu pada microsoft word 2007

-          Siswa dapat mengetahui tampilan dari quick akses toolbar pada microsoft word 2007

-          Siswa dapat menunjukkan bentuk dari icon print
-          Dengan gambar siswa dapat menjelaskan fungsi dari ikon Line Spacing
-          Siswa dapat menyebutkan langkah-langkah untuk mengubah huruf suatu teks menjadi kecil semua

-          Siswa dapat memilih gambar ikon dengan nama perintah Auto Sum

-          Siswa dapat memilih gambar ikon untuk memberikan border

-          Siswa dapat menjelaskan fungsi hide dan unhide pada format sheet


-          Dengan gambar siswa dapat menjelaskan fungsi dari ikon merge and center


-          Siswa dapat mengetahui perintah yang digunakan untuk melebarkan kolom

-          Siswa dapat menyebutkan jaringan komputer yang di ciptakan oleh ARPA
-          Siswa dapat mengetahui departemen pertahanan amerika serikat yang membangun jaringan komputer pertama kali
-          Siswa dapat menjelaskan pengertian tentang internet

-          Siswa dapat menyebutkan jenis protocol yang menyertai munculnya internet
-          Siswa dapat menyebutkan jumlah jenis-jenis jaringan berdasarkan area geografis yang dijangkau

-          Siswa dapat menyebutkan lingkup jaringan komputer tipe LAN

-          Siswa dapat menjelaskan tugas dari perangkat jaringan komputer server

-          Siswa dapat menyebutkan kepanjangan dari ISP

-          Siswa dapat menjelaskan pengertian dari bandwidth

-          Siswa dapat menghitung perbandingan antara satuan kecepatan satu dengan yang lainnya

-          Siswa dapat menyebutkan perangkat keras yang menghubungkan server dengan client pada jaringan komputer

-          Siswa dapat menyebutkan beberapa perangkat keras yang digunakan untuk mengakses internet

-          Siswa dapat menyebutkan ISP yang ada di Indonesia

-          Siswa dapat menjelaskan layanan-layanan yang perlu diperhatikan ketika memilih ISP

-          Siswa dapat menyebutkan teknologi yang disediakan oleh Telkom yang mempermudah dalam berhubungan dengan internet

-          Siswa dapat menyebutkan aplikasi-aplikasi browser
-          Siswa dapat menyebutkan aplikasi email

-          Siswa dapat menyebutkan bagian dari jendela yang digunakan untuk menampilkan setiap aktivitas kerja pada internet explorer
-          Siswa dapat menyebutkan menu yang digunakan untuk membuka jendela internet explorer baru
-          Siswa dapat menyebutkan ikon yang digunakan untuk mengulangi kembali proses penampilan situs web
-          Siswa dapat menyebutkan nama domain yang menerangkan situs pendidikan
-          Siswa dapat menyebutkan bagian dari alamat URL yang digunakan sebagai protokol

-          Siswa dapat menyebutkan contoh situs mesin pencari
-          Siswa dapat menyebutkan penulisan kata kunci dengan tipe file tertentu pada search engine
-          Siswa dapat menyebutkan langkah untuk menyimpan gambar pada internet explorer
-          Siswa dapat menyebutkan berbagai layanan pada internet
-          Siswa dapat menyebutkan jenis-jenis email
-          Siswa dapat menyebutkan fasilitas untuk menyertakan sebuah file/dokumen didalam mengirim email
-          Siswa dapat menyebutkan fasilitas internet yang digunakan untuk forum diskusi melalui email
-          Siswa dapat menyebutkan aplikasi yang digunakan untuk layanan chatting


1




1



1




1



1



1


1

1



1


1



1



1




1

1


1




1



1



1




1




1



1


1




1


1



1




1



1



1


1


1




1





1




1


1




1






1

1


1





1



1



1



1




1

1



1

1

1


1

1



1

PGB




PGB



PGB




PGB



PGB



PGB


PGB

PGB



PGB


PGB



PGB



PGB




PGB

PGB


PGB




PGB



PGB



PGB




PGB




PGB



PGB


PGB




PGB


PGB



PGB




PGB



PGB



PGB


PGB


PGB




PGB





PGB




PGB


PGB




PGB






PGB

PGB


PGB





PGB



PGB



PGB



PGB




PGB

PGB



PGB

PGB

PGB


PGB

PGB



PGB


1




2



3




4



5



6


7

8



9


10



11



12




13

14


15




16



17



18




19




20



21


22




23


24



25




26



27



28


29


30




31





32




33


34




35






36

37


38





39



40



41



42




43

44



45

46

47


48

49



50




 EMENTERIAN AGAMA
KISI-KISI SOAL UJIAN BAHASA INGGRIS MADRASAH TSANAWIYAH
TAHUN PELAJARAN 2014/2015


No
Standart Kompetensi Lulusan (SKL)
Materi
Indikator Soal
Bentuk Soal
Nomor Soal
1
Reading (Membaca)
Memahami makna dalam wacana tertulis pendek baik teks fungsional maupun esai sederhana berbentuk deskriptif (descriptive, procedure maupun report) dan narative (narrative dan recount) dalam konteks kehidupan sehari – hari
Caution
Siswa dapat menentukan informasi tersirat tentang setting dari sebuah teks berbentuk caution
PG
1
Greeting Card
Siswa dapat menentukan informasi rinci tersurat dari sebuah teks berbentuk greeting card

Siswa dapat menentukan makna kata yang bergaris bawah dari teks tersebut di atas
PG


PG
2


3
Recount
Siswa dapat menentukan tujuan komunikatif dari sebuah teks essay berbentuk recount

Siswa dapat menentukan makna kata yang bergaris bawah dari sebuah teks essay tersebut di atas

Siswa dapat menentukan informasi tersurat dari sebuah teks essay tersebut di atas

Siswa dapat menentukan informasi rinci tersurat dari sebuah teks essay tersebut di atas
PG


PG


PG


PG
4


5


6


7
Personal Letter
Siswa dapat menentukan gambaran umum dari sebuah teks berbentuk personal letter

Siswa dapat menentukan informasi tersurat dari sebuah teks tersebut di atas

Siswa dapat menentukan makna kata yang bergaris bawah dari sebuah teks tersebut di atas
PG


PG


PG
8


9


10
Teks Procedure
Siswa dapat menentukan informasi tersurat dari sebuah teks monolog pendek berbentuk procedure

Siswa dapat menentukan informasi rinci tersurat dari sebuah teks monolog pedek tersebut di atas

Siswa dapat menentukan rujukan kata yang bergaris bawah dari teks tersebut di atas
PG


PG


PG
11


12


13
Teks Descriptive
Siswa dapat menentukan informasi tersurat dari sebuah teks monolog berbentuk descriptive

Siswa dapat menentukan informasi rinci tersurat dari sebuah teks monolog tersebut di atas

Siswa dapat menentukan rujukan kata yang bergaris bawah dari sebuah teks monolog tersebut di atas

Siswa dapat menentukan makna kata yang bergaris bawah dari sebuah teks monolog tersebut di atas
PG


PG


PG


PG
14


15


16


17
Short Message
Siswa dapat menentukan informasi tersirat dari sebuah teks berbentuk short message

Siswa dapat menentukan gambaran umum dari teks tersebut di atas
PG


PG
18


19
Advertisement
Siswa dapat menentukan gambaran umum dari sebuah teks berbentuk advertisement

Siswa dapat menentukan informasi tersirat dari sebuah teks tersebut di atas
PG


PG
20


21
Teks Narrative
Siswa dapat menentukan tujuan komunikatif dari sebuah teks monolog berbentuk narrative

Siswa dapat menentukan informasi tersirat dari sebuah teks monolog tersebut di atas

Siswa dapat menentukan informasi tersurat dari sebuah teks monolog tersebut di atas

Siswa dapat menentukan makna kata yang bergaris bawah dari sebuah teks monolog tersebut di atas

Siswa dapat menentukan nilai moral dari sebuah teks monolog tersebut di atas
PG


PG


PG


PG


PG
22


23


24


25


26
Announcement
Siswa dapat menentukan informasi tersurat dari sebuah teks berbentuk announcement

Siswa dapat menentukan makna kata yang bergaris bawah dari sebuah teks tersebut di atas
PG


PG
27


28
Teks Report
Siswa dapat menentukan tujuan komunikatif dari sebuah teks monolog berbentuk report

Siswa dapat menentukan informasi tersurat dari sebuah teks monolog tersebut di atas

Siswa dapat menentukan informasi rinci tersurat dari sebuah teks monolog tersebut di atas

Siswa dapat menentukan makna kata yang bergaris bawah dari sebuah teks monolog tersebut di atas

Siswa dapat menentukan rujukan kata yang bergaris bawah dari sebuah teks monolog tersebut di atas
PG


PG


PG


PG


PG
29


30


31


32


33
Teks Procedure
Siswa dapat menentukan informasi tersurat dari sebuah teks monolog berbentuk procedure

Siswa dapat menentukan informasi rinci tersurat dari sebuah teks monolog tersebut di atas

Siswa dapat menentukan makna kata yang bergaris bawah dari sebuah teks monolog tersebut di atas
PG


PG


PG
34


35


36
Invitation
Siswa dapat menentukan tujuan komunikatif dari sebuah teks berbentuk invitation tentang pesta

Siswa dapat menentukan informasi tersurat dari sebuah teks tersebut di atas

Siswa dapat menentukan informasi rinci tersurat dari sebuah teks tersebut di atas
PG


PG


PG
37


38


39
Teks Recount
Siswa dapat menentukan tujuan komunikatif dari sebuah teks monolog berbentuk recount

Siswa dapat menentukan informasi tersurat dari sebuah teks monolog tersebut di atas

Siswa dapat menentukan pikiran utama dari sebuah teks monolog tersebut di atas

Siswa dapat menentukan makna kata yang bergaris bawah dari sebuah teks monolog tersebut di atas
PG


PG


PG


PG
40


41


42


43
2
Writing (Menulis)
Mengungkapkan makna secara tertulis teks fungsional pendek dan esai sederhana berbentuk deskriptif (descriptive, report maupun procedure) dan naratif (narrative dan recount) dalam konteks kehidupan sehari – hari
Paragraph rumpang
Siswa dapat melengkapi berbentuk paragrap rumpang dengan kata yang tepat
PG
44 – 46 
Menyusun kata acak
Siswa dapat menyusun kata-kata acak menjadi kalimat yang bermakna
PG
47 – 48
Menyusun kalimat acak
Siswa dapat menyusun kalimat-kalimat acak menjadi paragraph teks report yang padu.

Siswa dapat menyusun kalimat-kalimat acak menjadi paragraph teks recount yang padu
PG


PG
49


50


 EMENTERIAN AGAMA
KISI-KISI SOAL UJIAN MATEMATIKA MADRASAH TSANAWIYAH
TAHUN PELAJARAN 2014/2015

No
Kompetensi yang diujikan
Materi
Indikator
Jumlah Soal
Nomor Soal
1


Menggunakan konsep operasi hitung dan sifat-sifat bilangan, perbandingan, bilangan berpangkat, aritmetika sosial, barisan bilangan, serta penggunaannya dalam pemecahan masalah.
·    Bilangan Bulat dan Bilangan Pecahan

·    Perbandingan

·    Bilangan Berpangkat dan Bentuk Akar


·    Aritmetika Sosial

·    Barisan Bilangan dan Deret

·    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi tambah, kurang, kali, atau bagi pada bilangan.
·    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan
·    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bilangan berpangkat
·    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bentuk akar
·    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbankkan atau koperasi
·    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan bilangan dan deret
2




1

1

1

1

1

1,2


3

4

5

6

7

2
Memahami operasi bentuk aljabar, konsep persamaan linear, persamaan garis, himpunan, relasi, fungsi, sistem persamaan linear, serta penggunaannya dalam pemecahan masalah.
·    Bentuk aljabar

·    Persamaan Linear Satu Variabel
·    Himpunan

·    Fungsi (Pemetaan)

·    Garis Lurus



·    Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
·    Perpangkatan suku dua
·    Pemfaktoran bentuk aljabar
·    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan linear satu variabel
·    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan himpunan
·    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan fungsi
·    Menentukan gradien suatu garis yang melalui dua titik
·    Menentukan persamaan garis
·    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel
1
1
1


2

2

1

2
2

8
9
10


11, 12

13, 14

15

16, 17
18, 19

3
Memahami bangun datar, bangun ruang, sudut, serta menggunakannya dalam pemecahan masalah
·    Teorema Pythagoras

·    Bangun Datar



·    Garis dan Sudut






·    Segitiga




·    Lingkaran







·    Kesebangunan




·    Bangun Ruang


·    Menyelesaikan masalah menggunakan teorema pythagoras
·    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas bangun datar
·    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling bangun datar
·    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan hubungan dua garis
·    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sifat sudut yang terbentuk dari dua garis yang dipotong garis lain
·    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan besar dan jenis sudut
·    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan jeni-jenis segitiga
·    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan garis-garis istimewa pada segitiga
·    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan unsur-unsur/ bagian-bagian lingkaran
·    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan hubungan sudut pusat dan sudut keliling
·    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan hubungan dua lingkaran
·    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kesebangunan
·    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kongruensi
·    Menentukan unsur-unsur pada bangun ruang
·    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kerangka atau jaring-jaring bangun ruang
·    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang
·    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas permukaan bangun ruang
2

1

1

1

1


1


1

1


1


1


1

1

1

1


1


1

1
20, 21

22

23

24

25


26


27

28


29


30


31

32

33

34

35


36

37
4
Memahami konsep dalam statistika, serta menerapkannya dalam pemecahan masalah.
·    Statistika
·    Menentukan ukuran pemusatan atau menggunakannya dalam menyelesaikan masalah sehari-hari
·    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penyajian atau penafsiran data
1


1
38


39

5
Memahami konsep peluang suatu kejadian serta menerapkannya dalam pemecahan masalah.
·    Peluang
·    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang suatu kejadian
1
40


 EMENTERIAN AGAMA
KISI-KISI SOAL UJIAN IPS MADRASAH TSANAWIYAH
TAHUN PELAJARAN 2014/2015

No
Kompetensi Dasar
Uraian Materi
Indikator
No         Soal
Bentuk Soal

1
1,1
Mendiskripsikan keragaman ben-
-
Proses endogen dan eksogen
-
Mendeskripsikan proses alam endogen yang
1
PGB



tuk muka bumi, proses pembentu-
sebagai pembentuk muka bumi

 menyebabkan   terjadinya     bentuk muka bumi





-
-
Pelapukan erosi, dan faktor-faktor
-
Mengidentifikasi macam-macam erosi.
2
PGB



kehidupan
 penyebabnya, dampaknya















2
2,3
Mendeskripsikan interaksi
-
Interaksi sebagai proses sosial
-
Menyebutkan contoh prosesterjadinya interaksi sosial
3
PGB



sebagai proses sosial.

sosial.














3
5,2
Mendiskripsikan perkembangan
-
Penyebaran Islam di Indonesia
-
Mengidentifikasi faktor pendukung penyebaran Islam cepat berkembang di Indonesia
4
PGB



masyarakat, kebudayaan dan pe-








merintahan pada masa Islam di









Indonesia serta peninggalannya

















4
6,2
Mendeskripsikan kegiatan pokok
-
Sistem distribusi
-
Mengidentifikasi saluran dan sistem distribusi
5
PGB



ekonomi yang meliputi kegiatan









konsumsi, produksi dan distribusi









barang atau jasa.







5
1,1
Mendiskripsikan kondisi fisik
-
Musim di Indonesia
-
Menjelaskan faktor penyebab terjadinya musim penghujan di Indonesia
6
PGB



wilayah dan penduduk.

















1,4
Mendiskripsikan permasalahan
-
Kependudukan dan dampaknya
-
Mengidentifikasi permasalahan penduduk di
7
PGB



penduduk dan dampaknya terha-

terhadap pembangunan

Indonesia.





dap pembangunan






6
2,1
Menjelaskan proses perkemba-
-
Pengaruh kolonialisme dan
-
Menjelaskan tugas Gubernur Herman Willem Daendels di di Indonesia
8
PGB



ngan kolonialisme dan imperialisme
imperialisme di Indonesia





barat serta pengaruh yang ditim-
-
Pengaruh kolonialisme dan
-
Menyebutkan tokoh Belanda yang mengusulkan siasat kekerasan dalam perang  Aceh
9
KGB



bulkannya di berbagai daerah

imperialisme di Indonesia














7
3,1
Mengidentifikasi berbagai penya-
-
Macam-macam penyimpangan
-
Mendeskripsikan macam-macam penyimpang-
10
PBG



kit sosial segala akibat penyim-

sosial.

an sosial menurut sifatnya.





pangan sosial keluarga dan ma-









syarakat







8
4,1
Mendiskripsikan hubungan antara
-
Jenis-jenis kebutuhan
-
Mengidentifikasi jenis-jenis kebutuhan.
11
PGB



kelangkaan sumber daya dengan
-
Skala prioritas kebutuhan.
-
Menjelaskan tujuan penyusunan skala prioritas kebutuhan.
12
PGB



kebutuhan manusia yang tidak






terbatas







9
5,1
Menjelaskan proses persiapan
-
Proses penyusunan dasar dan
-
Mengidentifikasi peranan BPUPKI dalam
13
PGB



kemerdekaan Indonesia.

konstitusi negara Indonesia.

proses penyusunan dasar dan konstitusi



10
6,1
Mendeskripsikan bentuk-
-
Faktor-faktor yangmendorong
-
Mengidentifikasi faktor-faktor yang
14
PGB



bentuk hubungan sosial.

hubungan sosial.

mendorong hubungan sosial.



11
7,3
Mendeskripsikan fungsi pajak
-
Tarif pajak
-
Mengidentifikasi sistem penetapan tarif pajak
15
PGB



dalam perekonomian nasional.

















10
1,1
Memahami ciri-ciri negara ber-
-
Negara berkembang dan negara
-
Mengidentifikasi ciri-ciri negara maju dan
16
PGB



kembang dan negara maju

maju

negara berkembang.








-
Mengidentifikasi Persebaran negara maju.
17
PGB


1,2
Mendiskripsikan Perang Dunia II
-
Perang Dunia II dan pengaruhnya
-
Mengidentifikasi akibat Perang Dunia II.
18
PGB



serta pengaruhnya terhadap kea-


-
Menjelaskan latar belakang pendudukan
19
PGB



daan sosial, ekonomi dan politik



Jepang di Indonesia.





di Indonesia


-
Menyebutkan  pemimpin perlawanan rakyat
20
PGB







terhadap pemerintah Jepang.



11
2,1
Mengidentifikasi usaha perjuangan
-
Perjuangan mempertahankan
-
Mendeskripsikan faktor penyebab konflik
21
PGB



mempertahankan kemerdekaan

kemerdekaan.

Indonesia-Belanda pasca kemerdekaan





Indonesia



Indonesia.








-
Mendeskripsikan arti penting pembentukan
22
PGB







pemerintahan darurat RI di Bukittinggi.








-
Menjelaskan sebab peristiwa Agresi Militer
23
PGB







Belanda II




2,2
Mendeskripsikan peristiwa-
-
Proses kembalinya Republik
-
Mengidentifikasi faktor-faktor yang





peristiwa politik dan ekonomi

Indonesia sebagai negara

mendorong gerakan  ke bentuk NKRI.
24
PGB



Indonesia pasca pengakuan

kesatuan.







kedaulatan.
-
Dekrit Presiden 5 Juli 1959
-
Mendeskripsikan tujuan dikeluarkannya
25
PGB







 Dekrit Presiden 5 Juli 1959.



12
3,1
Mendiskripsikan perubahan
-
Perubahan sosial budaya
-
Menyebutkan  contoh perubahan kebudayaan.
26
PGB



sosial budaya pada masyarakat


-
Menyebutkan faktor-faktor yang mendorong
27
PGB







perubahan sosial budaya.

PGB


3,2
Menguraikan tipe perilaku masya
-
Tipe-tipe perilaku masyarakat
-
Mengidentifikasi contoh sikap  pelajar
28
PGB



rakat dalam menyikapi perubahan



dalam menyikapi perubahan sosial budaya.



13
4,1
Mendiskripsikan uang dan Lemba
-
Uang
-
Menjelaskan pengertian barter
29
PGB



ga Keuangan


-
Menjelaskan fungsi uang.
30
PGB




-
Lembaga keuangan
-
Menyebutkan tugas Bank Indonesia.
31
PGB






-
Menjelaskan pengertian pegadaian
32
PGB












4,2
Mendeskripsikan perdagangan

Kerugian dan hambatan
-
Mengidentifikasi hambatan perdagangan
33
PGB



internasional dan dampaknya

perdagangan internasional.

internasional.





terhadap perekonomian Indonesia.


-
Menjelaskan tentang  kebijakan subsidi.
34
PGB

14
5,1
Menginterpretasi peta tentang
-
Peta bentuk dan pola muka bumi
-
Mendeskripsikan makna simbol-simbol pada   
35
PGB



bentuk dan pola muka bumi



peta.








-
Mendeskripsikan bentuk-bentuk muka bumi
36
PGB







 dasar laut




5,2
Mendiskripsikan keterkaitan unsur
-
Unsur Geografi dan penduduk
-
Mendeskripsikan letak geografis Asia Tenggara.
37
PGB



geografi dan penduduk di kawasan

Asia Tenggara
-
Mendeskripsikan sumber daya alam di kawasan





Asia Tenggara



 Asia Tengggara.
38
PGB


5,3
Mendiskripsikan pembagian per-
-
Benua dan Samudra
-
Menyebutkan letak astronomis  benua Asia
39
PGB



mukaan bumi di atas bumi dan


-
Mendeskripsikan karakteristik Samudera





samudra



Atlantik.
40
PGB

15
6,1
Mendiskripsikan perjuangan Bang
-
Perjuangan merebut Irian Barat
-
Menjelaskan perjuangan melalui jalur diplomasi.
41
PGB



sa Indonesia merebut Irian Barat


-
Menjelaskan 3 tahap pembebasan Irian Barat









yang dilaksanakan Komando Mandala.
42
PGB


6,2
Mendiskripsikan peristiwa tragedi
-
Tragedi Nasional
-
Mendeskripsikan latar belakang munculnya





nasional, peristiwa madiun, PKI,



G 30 S/PKI.
43
PGB



DI/TII, G 30 S PKI dan konflik


-
Menjelaskan upaya pemberantasan





internal lainnya



pemberontakan Permesta
44
PGB











16
7,1
Menjelaskan berakhirnya masa
-
Lahirnya Reformasi
-
Menjelaskan program pembangunan pada
45
PGB


Orde Baru dan lahirnya Reformasi



masa Orde Baru.








-
Menjelaskan pengertian gerakan reformasi.
46
PGB


7,2
Menguraikan perkembangan
-
Konferensi Asia Afrika
-
Menganalisa dampak positif terselenggaranya





lembaga internasional dan peran



Konferensi Asia Afrika
47
PGB



Indonesia dalam kerja sama.
-
Perserikatan Bangsa-Bangsa
-
Menjelaskan sebab keluarnya Indonesia dari PBB
48
PGB


7,3
Menguraikan perilaku masyarakat
-
 Perilaku masyarakat dalam mengha
-
Menjelaskan dampak negatif modernisasi dan
49
PGB



dalam menghadapi perubahan sosial

dapi perubahan sosial budaya di

globalisasi terhadap budaya Indonesia





budaya di era global

 era global






7,4
Mendeskripsikan kerja sama antar
-
Kerja sama ekonomi antar negara
-
Menyebutkan badan kerja sama yang diikuti Indonesia.
50
PGB



negara di bidang ekonomi.


















Next
« Prev Post
Previous
Next Post »